Comscore Tracker

Kota Bandung Dua Kali Zona Merah, Siap-siap PSBB Lagi?

Keputusan ditentukan usai ratas satgas COVID-19

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan mempertimbangkan semua kemungkinan penanganan virus corona, termasuk menerapkan kembali langkah Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) seperti saat awal pandemik virus corona (COVID-19).

Langkah itu dipertimbangkan lantaran, saat ini level kewaspadaan Kota Bandung yang semula berada di zona oranye kini menurun pada zona merah.

1. Soal PSBB akan segera di bahas Pemkot Bandung

Kota Bandung Dua Kali Zona Merah, Siap-siap PSBB Lagi?Ilustrasi corona. IDN Times/Arief Rahmat

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, kondisi corona di Kota Bandung berada sedang di level kewaspadaan zona merah. Adapun penurunan zona ini terjadi saat Kota Bandung menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang diperketat.

"Belum tahu (PSBB), berbagai opsi mah banyak, nanti pada saat ratas pimpinan Kota Bandung akan dibahas soal itu," ujar Yana di Kejaksaan Negeri Kota Bandung, Selasa (1/12/2020).

2. Aturan jam operasional masyarakat belum ditentukan berubah atau tidaknya

Kota Bandung Dua Kali Zona Merah, Siap-siap PSBB Lagi?Ilustrasi corona. IDN Times/Arief Rahmat

Saat ini, Yana mengaku belum bisa menjelaskan lebih panjang soal pengetatan kembali jam operasional dan beberapa hal lainnya. Ia mengaku, hal teknis akan terlebih dahulu dibahas bersama Gugus Tugas COVID-19.

"Belum, itu (aturan jam oprasional) akan diputuskan di rapat kota dalam waktu dekat, karena memang kita sudah di zona waspada," ungkapannya.

3. Kondisi corona di Kota Bandung sudah waspada

Kota Bandung Dua Kali Zona Merah, Siap-siap PSBB Lagi?IDN Times/Galih Persiana

Meski demikian, Yana meminta masyarakat Kota Bandung dalam zona apapun tetap harus menerapkan protokol kesehatan dengan benar. Sebab, Ia mengatakan, kasus virus COVID-19 di Kota Bandung masih belum mereda.

"Kita harus tetap waspada tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat, karena bandung sekarang kondisinya sudah waspada," katanya.

Baca Juga: Bandung Zona Merah, Oded: Disiplin Protokol Kesehatan! 

4. Total pasien positif COVID-19 Kota Bandung mencapai 3,560 orang

Kota Bandung Dua Kali Zona Merah, Siap-siap PSBB Lagi?Ilustrasi corona. IDN Times/Mardya Shakti

Sebelumnya, Koordinator Bidang Perencanaan, Data, Kajian dan Analisis Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung, Ahyani Raksanagara membenarkan bahwa Kota Bandung saat ini turun ke zona merah.

Menurut dia, masuknya Kota Bandung ke zona merah akibat turunnya skor level kewaspadaan penyebaran COVID-19 di Kota Bandung yang kini berada di bawah angka satu.

"Sekarang RT 0.80," kata Ahyani.

Berdasarkan data dari laman Pusat Informasi COVID-19 Kota Bandung per Senin(30/11/2020), total pasien positif COVID-19 mencapai 3,560 orang dengan kasus pasien aktif sebanyak 759. Kasus penambahan pasien virus corona ini mengalami lonjakan signifikan dalam sepekan terakhir.

Baca Juga: [BREAKING] Waspada, Kota Bandung Kembali Masuk Zona Merah!

Baca Juga: Masuk Zona Merah, Dishub-Satpol Diminta Tutup PKL Dipatiukur Bandung

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya