Jadi Sekda Jabar, Herman Suryatman Janji Turunkan Stunting-Kemiskinan

Penanganan kemiskinan-stunting akan menjadi fokus pekerjaan

Bandung, IDN Times - Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman menyatakan beberapa janjinya usai dilantik sebagai Sekretaris Daerah Jawa Barat oleh Pj Gubernur Bey Triadi Machmudin di Gedung Sate, Senin (1/4/2024).

Beberapa persoalan yang akan diselesaikannya diantara penanganan stunting dan menurunkan angka kemiskinan di Jawa Barat. Herman mengatakan, Berdasarkan survei Status Gizi Indonesia (SSGI) Kementerian Kesehatan, prevalensi balita stunting di Jabar pada 2022 mencapai 20,2 persen, atau menempati peringkat ke- 22 secara nasional.

"Masih 20,2 persen dan kita akan turunkan, lebih cepat lebih baik karena stunting terkait dengan pertaruhan kita ke depan, apalagi kita menghadapi bonus demografi. Insyaallah akan kita dorong zero new stunting, tidak ada stunting baru," ujar Herman Usai pelantikan.

1. Angka kemiskinan di Jawa Barat masih tinggi

Jadi Sekda Jabar, Herman Suryatman Janji Turunkan Stunting-KemiskinanSekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Herman Suryatman (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sementara urusan kemiskinan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat per Juli 2023, tingkat kemiskinan Jabar ada di angka 7,62 persen. Sementara persentase penduduk miskin secara nasional pada Maret 2023 sebesar 9,36 persen. Herman memastikan angka itu akan lebih menurun.

"Kita di bawah nasional tetapi tetap harus kita turunkan. Kemudian angka pengangguran terbuka Jabar 7,44, nasional 5,32 kita di atas rata- rata nasional. Ini PR yang sangat berat," jelasnya.

2. Jangan ada lagi kasus stunting baru di Jabar

Jadi Sekda Jabar, Herman Suryatman Janji Turunkan Stunting-Kemiskinan(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Selain itu, Herman menyoroti sejumlah isu pembangunan di Jabar, di antaranya BRT, LRT Bandung Raya, TPPAS Legoknangka, dan penataan Cekungan Bandung. Dia mengatakan semua yang sudah dikerjakan oleh Pj Sekda Jawa Barat Taufiq Budi Santoso akan lebih dimaksimalkan.

"Saya minta support, dukungannya dari semua karena insyaallah Pemda Provinsi Jabar hanya akan maksimal, akan optimal kalau di-support termasuk oleh media," katanya.

3. Herman siap bekerja tujuh hari 24 jam

Jadi Sekda Jabar, Herman Suryatman Janji Turunkan Stunting-KemiskinanGoogle

Kemudian, Herman siap menjalankan amanah dari Bey Machmudin untuk bekerja lebih ekstra tujuh hari 24 jam. Sebagai pembantu gubernur dia memastikan akan menjalankan amanah tersebut dengan baik.

"Jelas dan tegas Pak (Penjabat) Gubernur meminta saya bertugas 24 jam tujuh hari untuk kepentingan Jawa Barat, dengan catatan harus bahu- membahu, harus kolaborasi berbasis kebersamaan dengan semua komponen," kata dia.

Baca Juga: Herman Suryatman, Eks Intelijen Kodim yang Kini Jadi Sekda Jabar

Baca Juga: Sah! Herman Suryatman Dilantik Jadi Sekda Pemprov Jabar Definitif 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya