Comscore Tracker

Izin Vaksin Sinovac Virus Corona Tersendat, Uji Klinis Belum Dimulai

Vaksin masih belum bisa disebar ke beberapa puskesmas

Bandung, IDN Times - Penelitian atau uji klinis Vaksin Sinovac virus corona (COVID-19) oleh Biofarma dan Fakultas Kedokteran (FK) Unpad tersedat izin dari Komite Etik dan Badan POM. Hingga kini vaksin tersebut masih belum bisa disebarkan ke beberapa Puskesmas di Bandung untuk uji coba.

Koordinator Uji Klinis Vaksin Corona di RI, Kusnandi Rusmil mengatakan, saat ini uji klinis masih belum bisa dilakukan. Sampai saat ini Komite Etik dan Badan POM masih belum memberikan izin secara resmi.

"Badan POM itu berdasarkan izin dari Komite Etik, sampai hari ini izin dari Komite Etik belum kami dapat," ujar Kusnadi dalam keterangannya saat video conference dengan Provinsi Jabar, Jumat (24/7).

1. Uji klinis vaksin corona bukan hal biasa

Izin Vaksin Sinovac Virus Corona Tersendat, Uji Klinis Belum DimulaiIlustrasi vaksin ustoday.com

Kusnadi menuturkan, hingga saat ini beberapa hal yang dianggap kurang untuk memuluskan izin tersebut masih dalam koordinasi. Menurutnya, semua syarat akan ditempuh dengan baik agar vaksin bisa langsung diujicobakan.

"Ada berapa perubahan-perubahan yang harus diubah yang akan saya konsultasikan nantinya, kira-kira perubahan-perubahan itu mungkin tidak kita lakukan. Karena ini bukan penelitian biasa tapi penelitian dalam keadaan wabah, jadi cara-caranya harus sesuai dengan keadaan yang wabah tadi," tuturnya.

2. Ada enam tempat uji klinis vaksin virus corona di Kota Bandung

Izin Vaksin Sinovac Virus Corona Tersendat, Uji Klinis Belum Dimulaibusinesstimes.sg

Lebih lanjut, Kusnadi menjelaskan, penelitian vaksin saat ini merupakan fase ketiga. Sebelumnya, peneliti telah melakoni fase satu pada hewan dan puluhan manusia di China. Kemudian fase ketiga tak hanya dilakukan di Indonesia, melainkan juga di India dan Brasil.

"Kita akan merekrut kurang lebih 1.620 subjek penelitian dari berbagai tempat, dan tempat penelitiannya itu ada enam tempat yaitu di kompleks Eyckman kemudian Dipatiukur di Unpad," ungkapnya.

3. Puskesmas juga akan dijadikan tempat uji klinis vaksin virus corona langsung

Izin Vaksin Sinovac Virus Corona Tersendat, Uji Klinis Belum DimulaiUnsplash/CDC

Kusnadi menambahkan, beberapa tempat yang akan dijadikan penelitian juga ada di Puskesmas Kota Bandung. Tiga tempat yang akan dijadikan uni tersebut yakni Puskesmas Garuda, Dago, kemudian Ciumbuleuit, dan di Sukapakir.

"Kami harapkan penelitian bisa berjalan dengan baik, mohon doanya dari semua teman-teman di Jabar terutama dari pemerintahnya. Kami memohon dukungan supaya penelitian ini bisa berjalan dengan aman dan baik," katanya.

Baca Juga: Optimistis Lolos Uji, Vaksin Corona Diproduksi Massal Pertengahan 2021

Baca Juga: Tiga Jenis Vaksin Ini Penting untuk Lansia, Terutama Vaksin Influenza

Baca Juga: Beda dengan Jokowi, Wapres: Vaksin Corona Rampung Pertengahan 2021

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya