Comscore Tracker

Iwan Fals Buat Poling Pilpres 2024, Ridwan Kamil Paling Banyak Dipilih

Ridwan Kamil kalahkan Anis Baswedan

Bandung, IDN Times - Musisi kawakan Indonesia, Iwan Fals, membuat voting calon Presiden RI 2024 melalui media sosial Twitter pribadinya @iwanfals, Rabu (2/1). Hasilnya, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil paling banyak di pilih oleh warganet.

Voting yang dibuat Iwan Fals mencantumkan tiga gubernur dan satu menteri di Kabinet Indonesia Maju. Tiga gubernur ini yaitu: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Sedangkan untuk menteri, ada Menteri Keuangan Sri Mulyani.

1. Ridwan Kamil dapat 64 persen pemilih

Iwan Fals Buat Poling Pilpres 2024, Ridwan Kamil Paling Banyak Dipilih

Iwan Fals membuat voting itu untuk melihat antusiasme warganet khususnya Twitter terhadap calon mana yang akan dipilihnya jika kontestasi Pilpres 2024 diisi oleh sejumlah kepala daerah di tingkat provinsi.

"Jadi pengen tau, kalo pilpres hari ini, siapa juaranya, lima jam aja dah pulingnye ye," cuit Iwan Fals, dikutip, Kamis (3/2/2022).

2. Iwan Fals beri bintang ke Ridwan Kamil

Iwan Fals Buat Poling Pilpres 2024, Ridwan Kamil Paling Banyak DipilihPenyanyi Iwan Fals melaporkan kasus pencemaran nama baik ke Polda Metro Jaya, Kamis (4/11/2021). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Usai membuat cuitan itu, terdapat 49.128 pemilih yang memberikan suaranya. Adapun hasilnya Ridwan Kamil memperoleh suara terbanyak dengan 64 persen, disusul oleh Ganjar Pranowo dengan 29 persen suara, kemudian Anies Baswedan dengan 6 persen suara, dan Sri Mulyani dengan 2 persen suara.

"Hehehe gubernur aing menang euy, selamat anda layak dapat (bintang)," cuit Iwan Fals setelah voting selesai.

3. Prabowo juga dapat voters terbanyak

Iwan Fals Buat Poling Pilpres 2024, Ridwan Kamil Paling Banyak Dipilihsolopos.com

Setelah itu, Iwan Fals menggelar kembali voting dengan bakal calon presiden 2024 yang berbeda. Ia menampilkan sejumlah tokoh senior dan mantan-mantan wakil presiden. Mereka adalah: Megawati, Yusuf Kala, Prabowo, dan Ma'ruf Amin.

"Nah sekarang para sesepuh yang dipuling, 5 jeman lagi ye," katanya.

Voting ini hanya diikuti 1.340 pemilih dengan Prabowo yang mendapat suara terbanyak sampai 38 persen, kemudian Megawati 25 persen, Yusuf Kala 23 persen, dan Ma'ruf Amin 14 persen.

4. Ahok juga banyak dipilih

Iwan Fals Buat Poling Pilpres 2024, Ridwan Kamil Paling Banyak DipilihANTARA/Hafidz Mubarak A

Setelah itu, penyanyi yang akrab dengan panggilan Bang Iwan ini juga membuat voting calon presiden 2024 dengan nama pejabat di Indonesia. Bang Iwan menuliskan empat nama, mereka adalah: Menteri BUMN Erick Tohir, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Voting itu diisi oleh 1.784 suara, hasilnya menyatakan bahwa Ahok paling banyak dipilih dengan raihan 48 persen, sedangkan Sandiaga Uno 22 persen, Erick Tohir 16 persen dan AHY 14 persen.

"Wuihhh Ahok menang telak, emang masih bisa jadi Presiden, secara undang-undang gimana bunyinya?" kata Iwan.

Baca Juga: 10 Kolaborasi Penyanyi Solo dengan Band Indonesia, Ada Iwan Fals!

Baca Juga: 10 Potret Iwan Fals Bersama Istri, Langgeng 41 Tahun Berumah Tangga!

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya