Comscore Tracker

Indonesia Produksi Vaksin Astra-Zeneca dan Pfizer? Ini kata Bio Farma

Vaksin alternatif ini masih dalam pertimbangan PT Bio Farma

Bandung, IDN Times - PT Bio Farma memberikan tanggapan terkait peluang uji coba calon vaksin dari luar negeri selain Sinovac. Perusahaan pelat merah ini mengaku akan mempertimbangkan hal itu dengan menunggu uji klinik vaksin Sinocav asal Tiongkok rampung.

Alternatif vaksin lain yang kini digadang-gadang akan masuk ke Indonesia selain dari Sinovac Biotech Ltd ada Astra-Zeneca berasal dari Inggris dan perusahaan farmasi asal Amerika Serikat, Pfizer.

1. Vaksin corona di Indonesia tidak akan satu sumber

Indonesia Produksi Vaksin Astra-Zeneca dan Pfizer? Ini kata Bio FarmaVaksin COVID-19 Sinovac, Minggu (19/7) tiba di Soetta dan langsung dibawa ke Bandung untuk segera mulai Uji Klinis oleh Biofarma dan FK Unpad (Dok. IDN Times/Istimewa)

Direktur Operasi PT Bio Farma M. Rahman Roestan mengatakan, kondisi saat ini semua kemungkinan masih dalam pertimbangan. Menurutnya, hal itu tetap akan di bahas secara teliti. Namun, Ia memastikan, alternatif vaksin lain akan tetap ada.

"Untuk vaksin di Indonesia tidak hanya satu sumber. ini kemandirian kita memang perlu konsorsrium nasional dan kita juga perlu teknis seperti suhu dan lainnya," ujar Rahman dalam siaran pers daring, Kamis (26/11/2020).

2. Dua vaksin alternatif masih dalam pertimbangan

Indonesia Produksi Vaksin Astra-Zeneca dan Pfizer? Ini kata Bio FarmaIlustrasi vaksin virus corona (Website/pixabay.com/geralt-9301)

Soal kerjasama dengan Astra-Zeneca, PT Bio Farma belum menegaskan apakah akan dipastikan masuk ke Indonesia atau seperti apa. Ia mengaku, hal ini masih akan dipertimbangkan terlebih dahulu.

"Soal kerjasama ini, kita masih review kerja samanya, jadi seperti itu," ucapnya.

2. Semua parameter medis akan diperhitungkan PT. Bio Farma

Indonesia Produksi Vaksin Astra-Zeneca dan Pfizer? Ini kata Bio FarmaBio Farma ( ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Adapun soal vaksin Pfizer, Ia menjelaskan, potensi kerja vaksin di luar Sinovac semuanya masih dalam pertimbangan. Beberapa hal akan tetap di bahas dan diperhitungkan semua kemungkinan-kemungkinannya.

"Beberapa parameter kita hitung, selain kecepatan tetapi kebutuhan, dan teknis seperti pembagian untuk beberapa daerah dan kita di iklim tropis jadi kita review secara komperehensif," tuturnya.

4. BPOM dukung adanya vaksin lain selain Sinovac

Indonesia Produksi Vaksin Astra-Zeneca dan Pfizer? Ini kata Bio Farma

Kemudian, Kepala Badan Pom, Penny K. Lukito mengatakan, semua vaksin yang akan masuk ke Indonesia akan lebih dahulu dilakukan pengawasan. Ia pun mendukung upaya pemerintah mencari alternatif vaksin selain Sinovac.

"BPOM siap dampingi mutu dan hasiatnya. Tentunya apabila vaksin ini direview oleh Asosiasi negara lain baik dan kami berikan otoritas dan ini tidak hanya di Indonesia," kata dia.

Baca Juga: Sinovac Klaim Hasil Awal Uji Klinis Vaksin COVID Sukses Picu Imunitas

Baca Juga: BPOM Keluarkan Izin EUA Vaksin COVID-19 Sinovac Akhir Januari 2021

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya