Hari Lahir Pancasila dan Waisak, Pengguna KA Bandung Naik 40%

Banyak pengguna Daop 2 Bandung melakukan perjalanan ke Jatim

Bandung, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia Daop 2 Bandung mencatat adanya tren peningkatan 45 persen penumpang selama libur panjang Hari Pancasila dan Hari Raya Waisak, periode 31 Mei-2 Juni 2023. Peningkatan ini tergolong drastis jika dibandingkan periode sama di minggu sebelumnya.

Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono mengatakan, selama Harlah Pancasila dan Waisak periode tahun ini Daop 2 Bandung telah melayani 43.895 pelanggan, terdiri dari 35.392 pelanggan KA Jarak Jauh dan 8.503 pelanggan KA Lokal.

"Berdasarkan pantauan data penjualan terdapat 24.895 pelanggan baik itu KA Jarak Jauh maupun KA Lokal yang akan berangkat pada tanggal 3-4 Juni 2023. Tentunya jumlah tersebut masih bisa berubah dan bertambah," ujar Mahendro, dikutip Sabtu (3/6/2023).

1. Peningkatan 40 persen dibandingkan pekan sebelumnya

Hari Lahir Pancasila dan Waisak, Pengguna KA Bandung Naik 40%Pengunjung KAI Daop 2 Bandung (Istimewa)

Mahendro mengungkap, peningkatan 45 persen ini didapat atas perbandingan periode 24 - 26 Mei 2023, di mana Daop 2 Bandung hanya melayani 30.374 pelanggan. Sehingga, peningkatan ini tergolong drastis karena masuk libur panjang.

"Pada periode sebelumnya, terdapat sebanyak 25.777 pelanggan KA Jarak Jauh dan 4.597 pelanggan KA Lokal yang menggunakan layanan KA," ucapnya.

2. Tiket libur masih tersedia hingga minggu

Hari Lahir Pancasila dan Waisak, Pengguna KA Bandung Naik 40%Penumpang KAI Daop 2 Bandung (Istimewa)

Pada masa libur panjang kali ini, Stasiun Bandung menjadi stasiun dengan keberangkatan tertinggi dengan jumlah 18.213 pelanggan yang telah berangkat. Sedangkan Stasiun Kiaracondong telah melayani 8.975 pelanggan.

"Berdasarkan data penjualan dan pemesanan tiket, masih ada 18.468 pelanggan yang akan berangkat dari kedua stasiun tersebut pada periode 3-4 Juni 2023," katanya.

3. Pelanggan kereta api diimbau selalu cek tiket keberangkatan

Hari Lahir Pancasila dan Waisak, Pengguna KA Bandung Naik 40%Penumpang KAI Daop 2 Bandung (Istimewa)

Adapun untuk tujuan favorit para pelanggan KA pada masa libur panjang kali ini yakni kota-kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah seperti Surabaya, Malang, Solo, dan Kutoarjo. Daop 2 Bandung juga mengimbau agar pelanggan memperhatikan kembali jadwal keberangkatan KA yang tertera pada tiket.

Bagaimana tidak, hal ini seiring dengan pemberlakuan Grafik perjalanan kereta api atau Gapeka 2023 yang berdampak pada perubahan jadwal keberangkatan KA.

"Pemberlakuan Gapeka 2023 yang bertepatan dengan momen libur panjang merupakan inovasi Daop 2 Bandung kepada para pelanggan untuk mewujudkan transportasi yang tidak hanya cepat dan tepat waktu namun juga aman dan nyaman," kata dia.

Baca Juga: KAI Daop 2 Bandung Operasikan 2 Kereta Tambahan Untuk Lebaran 

Baca Juga: Long Weekend, Okupansi KA Jarak Jauh DAOP 8 Surabaya Meningkat

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya