Gandeng Pelaku Musik, Pemkot Bandung Ingin Bangkitkan "Kota Musisi"

Pemkot Bandung berkolaborasi dengan BMA buat acara award

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggandeng para pelaku musik untuk menguatkan kembali julukan kota musisi. Salah satu organisasi musisi yang akan diajak kerja sama yakni Yayasan Bandung Musik Abadi (BMA).

Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, julukan kota kreatif pada dasarnya sudah lama melekat di Kota Bandung. Namun, dalam hal roda industri musik masih kalah dengan beberapa kota lainnya.

"Adanya kepedulian teman-teman musisi dan pemerintah kota, dengan segala keterbatasan pemerintah yang ada, tentunya kami harus berkolaborasi dengan orang yang memahami," ujar Yana, Kamis (7/4/2022).

1. Bandung harus berdikari dalam industri musik

Gandeng Pelaku Musik, Pemkot Bandung Ingin Bangkitkan Kota MusisiPlt Wali Kota Bandung Yana Mulyana dalam acara peresmian Yayasan Bandung Musik Abadi (BMA) (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Dengan kondisi industri yang kalah masif dengan kota lain, Yana mengungkapkan, banyak talenta atau artis asli Kota Bandung atau Bandung Raya hijrah ke ibu kota atau beberapa wilayah lain. Seharusnya, kata Yana, mereka bisa berjaya di Kota Bandung.

"Ketika di Bandung kurang diapresiasi dengan nilai yang wajar, harga yang wajar, lalu ditawari di Jakarta itu beda, akhirnya itu jadi diklaim di (musisi) Jakarta," ungkapnya.

2. Akan ada kerja sama membuat acara award

Gandeng Pelaku Musik, Pemkot Bandung Ingin Bangkitkan Kota MusisiPlt Wali Kota Bandung Yana Mulyana dalam acara peresmian Yayasan Bandung Musik Abadi (BMA) (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Langkah menggandeng BMA ini, kata Yana, akan ada perhelatan kolaborasi untuk menggelar "award" bagi para musisi. Semua teknis akan dilakukan dengan bekerjasama berbagai pihak untuk mendukung musis lokal Indonesia.

"Yang diapresiasi di award ini bukan orang yang sudah populer, justru kita akan memberikan award kepada pendatang baru," kata dia.

3. Membangun ekosistem musik tidak hanya komunitas

Gandeng Pelaku Musik, Pemkot Bandung Ingin Bangkitkan Kota MusisiPlt Wali Kota Bandung Yana Mulyana dalam acara peresmian Yayasan Bandung Musik Abadi (BMA) (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Sementara itu, Ketua Yayasan BMA, Dudi Nay Sunardi mengatakan, dibentuknya yayasan didasari keresahan para insan seniman yang menilai ekosistem industri musik di daerah Bandung yang minim.

Menurutnya, Kota Bandung memiliki sejarah yang panjang dalam melahirkan musisi-musisi besar di Indonesia. Di antaranya musisi dari Bandung yakni Giant Step, Bimbo, The Rollies, hingga Harry Roesli.

"Karena untuk membangun ekosistem industri musik yang baik tidak hanya mengacu pada cerita komunitas dan sejarah besar saja, hal tersebut hanya akan menjadi jargon omong kosong tanpa ada implementasi konkretnya," kata Nay.

4. Acara award diklaim bisa bangkitkan julukan Bandung sebagai Kota Musisi

Gandeng Pelaku Musik, Pemkot Bandung Ingin Bangkitkan Kota MusisiDok. Pribadi

Nay menambahkan, BMA akan mencari semua jalan keluar dari persoalan-persoalan industri musik di Bandung. Ke depannya, dengan menggelar acara award bersama Pemkot Bandung, diyakini bisa menghidupkan Bandung sebagai Kota Musisi.

"Dukungan dari insan musik dan masyarakat secara luas sangat diperlukan untuk menegakan kembali Bandung Raya menjadi pusat perkembangan musik, menegakan tonggak sejarah bahwa Bandung Raya adalah Kota Musisi," kata dia.

Bandung Musik Award menurutnya direncanakan dilaksanakan pada pertengahan tahun 2022. Ajang itu menurutnya digelar sebagai pemantik pertunjukan berskala besar di Bandung setelah dilanda pandemi.

Baca Juga: Pemkot Bandung Janji Sediakan RTH Lebih Banyak hingga 2042

Baca Juga: Pemkot Bandung Ancam Potong Kabel Operator Telekomunikasi yang Bandel

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya