Comscore Tracker

Brigjen NA Akui Tembak Banyak Kucing di Sesko TNI Bandung

Penembakan diklaim untuk menjaga kebersihan lingkungan Sesko

Bandung, IDN Times - Penembak kucing di Sesko TNI Kota Bandung mulai terungkap. Seorang anggota organik Sesko TNI berpangkat Brigjen dengan inisial NA telah mengakui bahwa dirinya yang menjadi dalang penembakan.

Kabar itu disampaikan langsung oleh Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen Prantara Santosa. Menurutnya, kasus ini telah mendapat atensi dari Panglima TNI, Andika Prakasa. Sehingga, jajarannya segera melakukan penyelidikan dan pengungkapan.

"Tadi malam Komandan Sesko TNI dan Tim Hukum TNI membenarkan bahwa Brigjen TNI NA (anggota organik Sesko TNI) telah menembak beberapa ekor kucing dengan menggunakan senapan angin milik pribadi pada Selasa siang kemarin sekitar jam 13.00 WIB," ujar Santosa melalui keterangan resminya, Kamis (18/8/2022).

1. Brigjen TNI NA akui dirinya yang menembak kucing-kucing di Sesko TNI Bandung

Brigjen NA Akui Tembak Banyak Kucing di Sesko TNI BandungIlustrasi Penembakan (IDN Times/Arief Rahmat)

Brigjen TNI NA sendiri telah mengakui perbuatannya dengan alasan penembakan dilakukan pada kucing untuk menjaga kebersihan dan lingkungan Sesko TNI. Hal ini juga termasuk melindungi kebersihan tempat makan siswa dari kucing liar.

"Brigjen TNI NA menembak beberapa ekor kucing dengan menggunakan senapan angin milik pribadi pada Selasa siang kemarin (16 Agustus 2022), sekitar jam 13.00-an," ucapnya.

2. Brigjen TNI NA akan diproses hukum

Brigjen NA Akui Tembak Banyak Kucing di Sesko TNI BandungJenderal Andika Perkasa (YouTube.com/TNI AD)

Santosa menambahkan, Brigjen TNI NA berkilah bahwa perbuatan itu bukan karena kebenciannya terhadap kucing. Meski begitu, Kapuspen TNI menegaskan, NA tetap akan menjalani proses hukum.

"Tim Hukum TNI akan menindaklanjuti proses hukum Brigjen TNI NA, khususnya menyangkut Pasal 66 UU nomor 18 tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Pasal 66A, Pasal 91B UU nomor 41 tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang Undang nomor 18 tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan," kata dia.

3. Kucing-kucing mati di Sesko TNI Bandung viral di media sosial

Brigjen NA Akui Tembak Banyak Kucing di Sesko TNI BandungIlustrasi Penembakan (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya, video kucing mati diduga ditembak di Sesko TNI Bandung viral di media sosial Instagram. Video yang menunjukan adanya penembakan pada kucing ini diunggah oleh akun Instagram @rumahsinggahclow. Dalam video itu terlihat dua kucing yang tergeletak dengan beberapa luka di bagian leher.

"Kucing-kucing banyak mati ditembak, terjadi di Sesko TNI Martanegara, Bandung," tulis akun Instagram ini, dikutip, Kamis (18/8/2022).

Di siai lain ada pula kucing yang masih bisa diselamatkan. Akan tetapi, bekas luka dari tembak ini masih bisa dilihat.

"Tiga kucing dalam kondisi hamil, dan dua kucing masih hidup dengan bagian mata hancur. Kepada siapa kami harus mengadu?" katanya.

Baca Juga: Viral! Banyak Kucing Mati Diduga Ditembak di Sesko TNI Bandung

Baca Juga: Panglima TNI Tunjuk Brigjen TNI Iwan Setiawan Jadi Danjen Kopassus 

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya