Comscore Tracker

Biang Kerok Macet, Yana Mulyana Perintahkan Pintu Masuk PVJ Ditutup

Pemkot Bandung akan segera lakukan evaluasi Jalan Sukajadi

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung dalam waktu dekat akan melakukan evaluasi dari pemberlakuan rekayasa lalu lintas satu jalur di Jalan Sukajadi. Hal tersebut dilakukan karena kebijakan rekayasa lalu lintas untuk mengatasi kemacetan ini dirasakan tidak membuahkan hasil maksimal. 

Menanggapi hal tersebut, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana langsung meminta, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung untuk segera melakukan evaluasi dalam waktu dekat. Bahkan, ia mengaku sudah ada beberapa kajian untuk mengatasi persoalan tersebut.

"Sebetulnya kajiannya udah, tinggal kita uji coba ini, masih ngobrol sama pak Kasat Lantas juga, kita tinggal uji coba saja," ujar Yana saat ditemui di Taman Badak, Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Selasa (13/11).

1. Yana minta bongkar taman agar tidak macet

Biang Kerok Macet, Yana Mulyana Perintahkan Pintu Masuk PVJ DitutupIDN Times/Azzis Zulkhairil

Yana mengatakan, salah satu titik macet daerah tersebut adalah Jalan Cemara dimana terdapat taman kota yang menjadi penyebabnya. Sehingga, untuk mengurai kemacetan itu diperlukan langkah untuk membongkar atau memotong taman yang berada di wilayah tersebut.

"Karena titik macet itu masih di Cemara. Nah itu kan saya lagi minta tamannya di bongkar atau tamannya dipotong, bisa dikanalisasi, itu salah satu upaya," ungkapnya.

2. Meminta ada Contraflow di Sukajadi

Biang Kerok Macet, Yana Mulyana Perintahkan Pintu Masuk PVJ DitutupIDN Times/Yogi Pasha

Selain memotong atau membongkar taman, Yana mengusulkan, Jalan Dr Otten yang kini menjadi satu jalur sebagian, nantinya akan dipotong menjadi satu jalur. Hal tersebut dinilainya kanalisasi lebih efektif.

"Terus contraflow-nya nanti kita coba dari Biofarma, sehingga orang yang mau ke atas (Jalan Sukajadi) itu sudah terarah karena masuk ke contraflow," jelasnya.

"Jadi gak akan terhambat pertemuan di Jalan Otten, tinggal lurus aja kalau ke Sukajadi," tambahnya.

3. Minta PVJ dijadikan satu pintu saja

Biang Kerok Macet, Yana Mulyana Perintahkan Pintu Masuk PVJ DitutupIDN Times/Azzis Zulkhairil

Lebih lanjut, Yana mengatakan, mal Paris van Java (PVJ) di daerah tersebut juga kini memiliki tiga pintu masuk. Menurutnya, hal tersebut juga menjadi salah satu faktor kemacetan. Bahkan, ia merasakan dampak kemacetan tersebut.

"Saya kordinasi dengan dishub, itu pintu masuk PVJ agar ditutup semua, nanti kita arahin, jadi masuknya dari Karang Tinggal, satu pintu, saat ini ada tiga loh, saya juga ngerasain (macetnya)," terangnya.

"Kalau gak pake gate gitu, itu terus aja keluar, kita harus batasi juga, mudah-mudahan minggu depan lah," katanya.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya