Bey Minta Sekda Evaluasi Kegiatan Friday Car Free ASN Gedung Sate

Friday Car Free bukan untuk memindahkan parkir kendaraan

Bandung, IDN Times - Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin meminta Sekda Herman Suryatman melakukan evaluasi kegiatan Friday Car Free untuk ASN Gedung Sate yang dilakukan setiap hari Jumat.

Bey mengatakan, Friday Car Free ini dilakukan untuk mendorong para ASN menggunakan kendaraan umum, bukan memindahkan parkir kendaraan dari Gedung Sate ke tempat lainnya.

"Saya harapkan tidak hanya tidak ada kendaraan, tapi datang ke sini pun entah jalan kaki atau naik sepeda atau kendaraan umum. Itu saja," ujar Bey, Sabtu (27/4/2024).

1. ASN Gedung Sate harus menggunakan kendaraan umum

Bey Minta Sekda Evaluasi Kegiatan Friday Car Free ASN Gedung Sate

Imbauan untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi sendiri sudah dilakukan sejak awal pemberlakuan Friday Car Free beberapa waktu lalu. Seharusnya, kata Bey, ASN bisa mematuhi aturan itu dan mulai menggunakan kendaraan umum.

"Saya sudah ingatkan, dari pekan lalu saya ingatkan ke Pak Sekda, mohon diberikan pemahaman arti Friday Car Free ini. Bukan hanya tidak ada kendaraan, tidak ada mobil tapi betul-betul menggunakan kendaraan umum, jalan kaki atau naik sepeda," katanya.

2. ASN harus merasakan langsung

Bey Minta Sekda Evaluasi Kegiatan Friday Car Free ASN Gedung Sateilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Bandung (dok. Pemprov Jabar)

Bey sendiri mengaku sudah mulai membiasakan menggunakan kendaraan umum ketika berangkat ke Gedung Sate. Bahkan dia melakukan hal itu tidak hanya pada hari Jumat, melainkan di hari lainnya.

Sebagai pemangku kebijakan, menurutnya, ASN harus terjun langsung dan merasakan penggunaan kendaraan umum ini efektivitasnya seperti apa.

"Jangan sampai kita ingin masyarakat menggunakan angkutan umum, dengan menyiapkan rute. Misalnya Kebon Kalapa-Dago, bagaimana Dago menuju Dipatiukur atau Tamansari seperti apa? Itu harus dipikirkan," katanya.

3. ASN harus jadi contoh masyarakat

Bey Minta Sekda Evaluasi Kegiatan Friday Car Free ASN Gedung SateIlustrasi ASN di Palembang (Dok. Kominfo Palembang)

Masyarakat akan mengikuti aturan jika para pemangku kebijakan mencontohkannya. Maka itu Bey berharap ASN Gedung Sate harus mulai menggunakan kendaraan umum, baik itu angkot, sepeda, atau lainnya setiap Friday Car Free.

"Saya ingin mulai dari kami dulu, jangan bicara angkutan umum, angkutan publik kalau kami sendiri tidak menjalankannya," kata dia.

Sebelumnya, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menerapkan konsep Friday Car Free atau hari bebas kendaraan setiap Jumat di lingkungan Gedung Sate, Kota Bandung. Program ini diterapkan mulai, Jumat (22/3/2024), dan berlaku untuk seluruh pegawai maupun pimpinan yang berkantor di Gedung Sate.

Penerapan Friday Car Free di Gedung Sate merupakan langkah awal dari konsep Bus Rapid Transit (BRT) atau penggunaan angkutan berbasis bus, yang rencananya akan diterapkan mulai tahun ini di kawasan Bandung Raya.

Baca Juga: Golkar Dorong RK Maju di Pilgub Jabar, Cari Nama Lain untuk Jakarta

Baca Juga: DBD di Jabar Sentuh 21.530 kasus, Kota Bandung Tertinggi!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya