Comscore Tracker

Berwisata Lokal Diizinkan, Disbudpar Bandung Siapkan Random Antigen

Random test corona dilakukan bersama Dinkes Bandung

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung mengizinkan warganya berwisata di dalam kota selama libur lebaran 2021. Untuk mengantisipasi lonjakan kasus, Dinas Pariwisata dan kebudayaan (Disparbud) Kota Bandung siapkan random test COVID-19 di sejumlah objek wisata.

Kepala Disparbud Kota Bandung, Dewi Kaniasari mengatakan, random test akan dilakukan bersama jajaran Dinkes Kota Bandung. Menurutnya, penanganan COVID-19 dilakukan harus bersama dengan OPD terkait.

"Rencana koordinasi dengan Dinkes yang akan melakukan random testing, secara acak. Melakukan tes di beberapa objek wisata," ujar Kenny saat ditemui di Jalan Gatot Subroto, Selasa (4/5/2021).

1. Sebanyak 300 antigen sudah disiapkan

Berwisata Lokal Diizinkan, Disbudpar Bandung Siapkan Random AntigenIDN Times/Humas Bandung

Disbudpar Bandung dan Dinkes Kota Bandung saat ini sudah menyediakan 300 alat antigen untuk wisatawan. Adapun kegiatan ini akan dilakukan selama libur Idul Fitri 2021.

"Kemarin itu kadinkes ada 300an antigen, bisa segera dieksekusi. Sekarang aja kita bisa lihat beberapa tempat wisata sudah ramai, cukup riskan juga," jelasnya.

2. Monitoring jam operasional akan dilakukan Disbudpar Bandung

Berwisata Lokal Diizinkan, Disbudpar Bandung Siapkan Random Antigen

Kenny menambahkan, Disbudpar Bandung akan memberikan surat edaran untuk pengelola tempat wisata agar patuh terhadap protokol kesehatan. Hal ini diakui Kenny sangat penting untuk menekan penyebaran COVID-19 di Kota Bandung.

"Kita juga akan melakukan monitoring, terutama dalam hal jam operasional dan kapasitas," katanya.

3. Vaksinasi pelaku pariwisata terus berjalan

Berwisata Lokal Diizinkan, Disbudpar Bandung Siapkan Random AntigenIlustrasi pelaku pariwisata saat new normal. (Dok. Kemenparekraf)

Saat ini vaksinasi untuk tenaga sektor pariwisata yang di bawah Disbudpar Kota Bandung masih berjalan. Berdasarkan data yang ada sudah ada 3.820 orang dari sektor pariwisata yang sudah disuntik vaksin.

"Vaksinnya bagi pelaku usaha hotel, restoran, ada pelaku ekonomi kreatif juga, seniman budayawan. Belum kebagian setelah lebaran ada lagi," kata dia.

4. Pemkot Bandung izinkan warganya berwisata dalam kota

Berwisata Lokal Diizinkan, Disbudpar Bandung Siapkan Random AntigenIDN Times/Galih Persiana

Izin berwisata lokal sendiri disampaikan langsung oleh Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana beberapa hari lalu. Izin ini diberikan untuk tetap menggerakkan roda perekonomian di tengah pandemik COVID-19 yang belum usai.

Meski demikian, izin diberikan hanya untuk warga Kota Bandung saja. Adapun untuk di luar kebijakan itu tidak diizinkan datang ke Kota Bandung.

Baca Juga: Wisatawan Luar Pulang, Giliran Wisatawan Lokal Liburan ke Lembang

Baca Juga: Mudik Dilarang, Pengelola Wisata Yogyakarta Sasar Wisatawan Lokal

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya