Comscore Tracker

Bencana Longsor Sukanagara, BPBD Cianjur Belum Temukan Korban Jiwa

Peristiwa longsor tersebut viral di media sosial

Bandung, IDN Times - Peristiwa pergeseran tanah atau longsor terjadi di belokan Alun-alun Sukanagara, Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur, pada Kamis (9/4) pukul 16:00 WIB. Peristiwa tersebut terekam oleh kamera ponsel, dan menjadi viral di media sosial.

Dalam video berdurasi 00:30 detik itu, terlihat tanah lereng di samping jalan raya sekitar Alun-alun Sukanagara mulai bergerak perlahan menuju jalan raya. Terdengar suara dalam video ada seorang yang menyebut bahwa peristiwa longsor akan besar. Beberapa saat setelah itu, longsor besar benar terjadi. Material tanah lereng langsung menutup jalan raya.

Seorang pengendara roda dua yang terlihat hendak melintas kawasan tersebut, seketika terbawa arus longsor. Dalam peristiwa itu tidak terlihat ada korban jiwa. masyarakat sekitar panik dan menjerit.

1. Peristiwa tidak dibarengi dengan hujan

Bencana Longsor Sukanagara, BPBD Cianjur Belum Temukan Korban Jiwa(Tangkapan Layar) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Sekertaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, M Irfan Sofyan mengatakan, peristiwa tersebut benar terjadi pukul 16:00 WIB. Saat peristiwa terjadi, tidak ada hujan deras yang mengguyur Cianjur.

"Saat peristiwa tersebut tidak ada hujan deras. Longsor terjadi begitu saja tanpa ada hujan," ujar Irfan saat dihubungi, Jum'at (10/4).

2. Sebelum peristiwa, Cianjur diguyur hujan dengan intensitas ringan

Bencana Longsor Sukanagara, BPBD Cianjur Belum Temukan Korban Jiwa(Tangkapan Layar) IDN Times/Azzis Zulkhair

Memang tidak ada hujan deras ketika peristiwa longsor terjadi. Namun, Irfan memastikan bahwa beberapa waktu sebelum peristiwa itu Cianjur diguyur hujan dengan intensitas sedang. Kemudian beberapa hari sebelumnya juga terjadi hujan serupa di daerah longsor tersebut.

"Hujan terjadi justru beberapa jam sebelum longsor, kemudian hari sebelumnya juga hujan. Saya belum mendapatkan informasi untuk jumlah kerugian di wilayah terdampak," ungkapnya.

3. Petugas BPBD masih di lapangan untuk mendata dan membersihkan material longsor

Bencana Longsor Sukanagara, BPBD Cianjur Belum Temukan Korban JiwaIDN Times/Debbie Sutrisno

Irfan menambahkan, saat ini petugas BPBD Cianjur masih melakukan pendataan sekaligus membersihkan material tanah yang menutupi jalan tersebut. Sejauh ini ia memprediksi bahwa memang tidak ada korban jiwa yang muncul akibat kejadian itu.

"Saya masih belum dapat update terbaru. Yang jelas petugas sedang melakukan pendataan dan korban jiwa sepertinya tidak ada," katanya.

4. BPBD Jabar ikut terjun langsung menangani peristiwa tersebut

Bencana Longsor Sukanagara, BPBD Cianjur Belum Temukan Korban JiwaIDN Times/Debbie Sutrisno

Dihubungi terpisah, Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Provinsi Jawa Barat Budi Budiman Wahyu mengatakan, saat ini Dinas BMPR Pemprov Jabar juga ikut menangani peristiwa tersebut. Namun, sama dengan Irfan, ia pun mengaku belum mendapatkan informasi lebih lanjut perihal warga yang terdampak dan kerugian materil yang dialami.

"Sedang dilakukan penanganan oleh pihak Dinas BMPR Jabar untuk memindahkan material longsoran yang menutupi jalan dari kemarin. Sekarang belum dapat laporan lagi dari lapangan," kata Budi.

Baca Juga: Penyebaran COVID-19 Merata di Bandung, Pemkot Belum Usulkan PSBB 

Baca Juga: Pakar Kebijakan Publik UPI: Oded Jangan Slow Lagi, Slow Lagi

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya