Comscore Tracker

Belum Capai Target, Vaksinasi Booster Kota Bandung Belum Maksimal

Pendataan jumlah vaksinasi dari Dinkes Bandung jadi kendala

Bandung, IDN Times - Vaksinasi booster di Kota Bandung masih belum maksimal. Banyak kendala terjadi dalam pemberian vaksin ketiga ini, salah satunya pendataan dari gelaran vaksinasi massal yang belum terdata dengan baik.

Hal itu dipikirkan langsung oleh Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. Dia mengatakan bahwa gelaran vaksinasi massal ini cukup masif di Kota Bandung. Hanya saja, pendataan masih belum tersusun dengan baik.

"Saya kemarin dapet informasi itu vaksin massal di beberapa tempat itu belum terdata di Dinkes. Mangkanya lagi coba kami hubungkan dulu," ujar Yana di Pendopo Bandung, Sabtu (6/8/2022).

1. Vaksinasi massal masih belum terdata dengan baik

Belum Capai Target, Vaksinasi Booster Kota Bandung Belum MaksimalIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Menurutnya, dengan banyaknya gelaran vaksinasi booster, seharusnya target vaksinasi 50 persen sudah bisa tercapai. Namun, saat ini capaian vaksinasi booster di Kota Bandung masih di bawah angka tersebut.

"Vaksinasi massal masif, tapi akumulasi persentasenya masih di 38-39 sekian persen. Ini berbeda dengan dulu loh. Dulu kita capaian dosis satu dan duanya kan cepet banget," ungkapnya.

2. Berharap setelah pendataan presntase vaksinasi booster bertambah

Belum Capai Target, Vaksinasi Booster Kota Bandung Belum MaksimalVaksin booster mulai disuntikkan kepada warga (IDN Times/Herka Yanis)

Yana meminta Dinas Kesehatan Kota Bandung untuk segera melakukan pendataan guna mengetahui jumlah pasti total vaksin booster dari semua gelaran vaksinasi di Kota Bandung.

"Mudah-mudahan ini karena datanya saja yang belum terkonsolidasi. Tapi faktanya harusnya sudah tinggi, merujuk indikator penurunan kasus harian. Harusnya sih berkaitan," katanya.

3. Ketersediaan vaksinasi booster masih mencukupi

Belum Capai Target, Vaksinasi Booster Kota Bandung Belum MaksimalIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Yana juga mengimbau agar masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi booster segera datang ke tempat vaksin. Menurut Yana, jumlah vaksin untuk booster sendiri saat ini masih dalam jumlah yang cukup.

"Ketersediaan vaksin sampai saat ini Insy Allah cukup dan masih tersedia untuk booster," kata dia.

Baca Juga: Yana Mulyana: Ayo Booster! Jangan Sampai Kasus COVID Naik di Bandung

Baca Juga: Wali Kota Bandung Yana Mulyana Dirawat di Rumah Sakit

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya