Comscore Tracker

Beda dengan Masjid Raya, Hari Ini Masjid Pusdai Gelar Salat Jumat

DKM Masjid Pusdai sudah berkoordinasi dengan aparat setempat

Bandung, IDN Times - Masih dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional Kota Bandung, Masjid Pusat Dakwah Islam (Pusdai) milik Provinsi Jawa Barat akan tetap menggelar salat Jumat hari ini (4/6).

Ketua Dewan kemakmuran masjid (DKM) Pusdai KH. Haerul Anam mengatakan, meski Kota Bandung masih dalam PSBB Proporsional, ia telah menjalin koordinasi dengan aparat kewilayahan setempat.

"Pusdai memang masuk wilayah Kota Bandung, tapi ini milik Provinsi Jabar. Kami sudah koordinasi dengan Camat dan Kapolsek dan saat ini sudah mengantongi surat dari MUI Kota Bandung, "ujar Haerul saat dihubungi, Kamis (4/6).

1. Protokol pencegahan COVID-19 akan diterapkan

Beda dengan Masjid Raya, Hari Ini Masjid Pusdai Gelar Salat JumatIDN Times/Debbie Sutrisno

Haerul menjelaskan, saat ini beberapa protokol pencegahan COVID-19 sudah disiapkan. Nantinya, jemaat salat Jumat akan diminta memakai hand sanitizer ketika masuk Masjid Pusdai dan akan melewati beberapa protokol pencegahan COVID-19.

"Sudah siapkan tempat cuci tangan dan hand sinitizer di tempat wudu dan pintu masuk masjid. Sebelum masuk dicek suhu, jarak juga sudah dikasih tanda satu meter," ungkapnya.

2. Siap menjalankan salat Jumat dua gelombang

Beda dengan Masjid Raya, Hari Ini Masjid Pusdai Gelar Salat Jumat(Ilustrasi)IDN Times/Istimewa

Ia mengatakan, Masjid Pusdai biasanya bisa menampung empat ribu lebih jemaah. Sedangkan untuk salat Jumat hari ini, Masjid Pusdai akan memberikan batas 30 persen dari jumlah biasanya.

"Jika pada salat biasanya berjamaah itu delapan saf, dan itu tanpa jarak, sekarang pakai jarak sampai dua saf saja," katanya.

Adapun jika jumlah jemaat membludak, Masjid Pusdai akan menggunakan halaman untuk menampung jemaat. "Kami juga siap untuk dua gelombang, tapi kayaknya satu sih," tuturnya.

3. Masjid Raya Bandung belum bisa gelar salat Jumat

Beda dengan Masjid Raya, Hari Ini Masjid Pusdai Gelar Salat JumatDok.IDN Times/Istimewa

Berbeda dengan Masjid Pusdai, dihubungi terpisah, Ketua DKM Masjid Raya Bandung, Muchtar Gandaatmaja mengatakan, Masjid Raya Bandung belum bisa menerapkan salat Jumat hari ini. Dia mengatakan, Masjid Raya Bandung baru akan menggelar salat Jumat pada 12 Juni 2020.

"Besok belum ada salat Jumat. Salat Jumat Insya Allah, kalau gak ada perubahan, Jumat 12 Juni, sejalan dengan masa akhir PSBB," ujar Muchtar.

4. Sabtu akan coba terapkan salat zuhur berjamaah

Beda dengan Masjid Raya, Hari Ini Masjid Pusdai Gelar Salat JumatIDN Times/Debbie Sutrisno

Muchtar menuturkan, pada Sabtu (6/6) Masjid Raya Bandung baru akan menerapkan salat zuhur berjamaah. Hal tersebut dianggap sebagai simulasi untuk melaksanakan salat Jumat di pekan berikutnya. Protokol pencegahan COVID-19 juga akan diterapkan secara maksimal.

"Sabtu (6/6) Insya Allah dibuka untuk publik dimulai dengan salat zuhur, tapi tidak diumumkan. Pintu akan dibuka dan kamar mandi dibuka," kata Muchtar.

Baca Juga: [BREAKING] YouTuber Ferdian Paleka Dibebaskan

Baca Juga: Laporan Dicabut, Ferdian Paleka Bebas Kasus Dihentikan 

Baca Juga: Korban Cabut Laporan, YouTuber Ferdian Paleka Bebas

Topic:

  • Azzis Zulkhairil
  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya