Beda Dari Al Jabbar, Masjid Raya Bandung Hanya Sediakan 1.000 Takjil

Masjid Raya Bandung menerima donasi takjil

Bandung, IDN Times - Masjid Raya Bandung menyediakan sekitar 1.000 makanan takjil setiap harinya selama bulan Ramadhan 1444 Hijriah. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan Masjid Raya Al Jabbar yang menyediakan 4.000 paket makanan takjil.

Masjid Raya Bandung sendiri statusnya sama dengan Masjid Raya Al Jabbar, yakni berada di bawah naungan Pemprov Jabar. Ketua DKM Masjid Raya Bandung, Ayi Hasyim Ashari mengatakan, pemberian takjil ini selalu dilaksanakan karena merupakan tradisi selama ramadan.

"Biasanya minimal itu menyediakan 1.000 paket, bisa sampai 3.000 paket setiap hari," ujar Ayi saat ditemui di Masjid Raya Bandung, Kota Bandung, Kamis (23/3/2023).

1. Masjid Raya Bandung terbuka untuk umum

Beda Dari Al Jabbar, Masjid Raya Bandung Hanya Sediakan 1.000 TakjilMasjid Raya Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Pemberian takjil sendiri bersumber dari berbagai donatur. Sehingga, masyarakat yang akan membantu menjadi donatur untuk makanan takjil di Masjid Raya Bandung bisa langsung bertemu dengan pengurus DKM.

"Kami menerima bentuknya bisa apa saja, bisa natura. Tapi kalau natura itu biasanya koordinasi dulu, takutnya ada makanan yang tersisa," katanya.

Dengan lokasi yang sangat strategis, Masjid Raya Bandung biasanya dipenuhi oleh masyarakat yang ngabuburit di sekitar Alun-alun Bandung. Setelah itu, masyarakat juga biasanya langsung menyantap takjil di Masjid Raya Bandung.

"Karena memang seperti ada romantisme, ngabuburit-nya di alun-alun, buka puasanya ikut takjil di sini, seperti memang direncanakan, dan kami welcome dengan hal tersebut," katanya.

2. Masjid Raya Bandung ingin gaet lebih banyak anak muda untuk aktif berdialog

Beda Dari Al Jabbar, Masjid Raya Bandung Hanya Sediakan 1.000 TakjilMasjid Raya Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Selain menyediakan takjil, Masjid Raya Bandung juga menggelar kegiatan-kegiatan seperti tadarus, tarawih, dan yang lainnya seperti ramadan biasanya. Pada tahun ini, DKM juga ingin lebih menggandeng anak-anak muda untuk berkegiatan di Masjid Raya Bandung.

"Jadi kami bikin kegiatan ya berdiskusi dengan anak muda, sistemnya juga bukan ceramah, tapi berdialog dan bertukar pikiran saja dalam membahas tema tertentu. Kami ingin menggandeng anak muda," kata dia.

3. Masjid Raya Al Jabbar sediakan 4.000 paket takjil

Beda Dari Al Jabbar, Masjid Raya Bandung Hanya Sediakan 1.000 TakjilMasjid Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sementara itu di sisi lain Sekretaris Dewan Kemakmuran Masjid Al Jabbar sekaligus Asisten Daerah (Asda) Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Jawa Barat (Jabar), Dedi Supandi mengatakan, Masjid Raya Al Jabbar menyediakan takjil dan terbuka untuk siapa pun yang akan berbuka sambil ngabuburit.

"Untuk sementara, akan ada 4.000 paket takjil gratis setiap harinya. Pihak masjid pun menerima jika ada warga yang ikut berpartisipasi dalam pembagian takjil gratis," ujar Dedi, Kamis (23/3/2023).

Baca Juga: Masjid Raya Al Jabbar Gelar Salat Tarawih Pertama, Terbuka Untuk Umum

Baca Juga: Masjid Raya Al Jabbar Gelar Tarawih Perdana, Jemaah Antusias

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya