Comscore Tracker

Aktor Kawakan Mohamad Sunjaya alias Yoyon Meninggal Dunia di Bandung

Yoyon meninggal sebelum mendapat penanganan medis

Bandung, IDN Times - Panggung seni teater Indonesia berduka. Aktor kawakan asal Kota Bandung, Mohamad Sunjaya alias Yoyon meninggal dunia di kediamannya, Jalan Terusan Sukamulya nomor 1, Sukagalih, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, Kamis (13/2) pukul 15:30 WIB.

Dalam pantauan IDN Times di rumah mendiang, terlihat keluarga besar hingga kerabat berdatangan untuk sama-sama mendoakan Yoyon.

Karangan bunga dari rekan juga terpajang di halaman rumah aktor teater kawakan tersebut. Jenazah mendiang Yoyon, akan dikuburkan pada Jumat (14/2) pagi di Tempat Pemakaman Umum Sirnaraga.

Baca Juga: Tiru Pengolahan Sampah di Jepang, Pemkot Bandung Optimalkan DPU Cicabe

1. Keluarga tidak mengetahui penyebab meninggalnya Yoyon

Aktor Kawakan Mohamad Sunjaya alias Yoyon Meninggal Dunia di BandungIDN Times/Azzis Zulkhairil

Perwakilan keluarga Yoyon, Danny Iskandar (57) mengatakan, Yoyon meninggal di kediamannya. Saat itu, Yoyon tidak sempat dibawa ke rumah sakit untuk diberikan penanganan medis. Sehingga, keluarga juga tidak mengetahui secara pasti akibat meninggalnya Yoyon.

"Belum sempat ke rumah sakit, jadi saat sakaratul maut, saya posisi sedang di kantor. Waktu itu ada suster yang mengabarkan keadan tersebut, belum sempat di bawa ke rumah sakit beliau dikabarkan meninggal," ujar Danny saat ditemui dikediaman Yoyon.

Baca Juga: Jadi Tersangka, Rangga Tetap Buka Pendaftaran Ulang Negara Sunda Empire

2. Sebelum meninggal Yoyon rutin berobat

Aktor Kawakan Mohamad Sunjaya alias Yoyon Meninggal Dunia di Bandung(Ilustrasi Teater) IDN Times/Istimewa

Danny menuturkan, mendiang Yoyon dalam beberapa tahun sebelumnya sulit untuk bernafas, sehingga dibantu oleh tabung oksigen. Selain itu, mendiang juga selalu rutin untuk periksa. Ia pun tidak mengetahui secara jelas riwayat medis Yoyon.

"Secara detail riwayat sakit saya enggak pegang, mendiang berusaha untuk mengobati sendiri. Hanya cek up setahu saya," ungkapnya.

Baca Juga: Virus Corona, Investor Tiongkok Batal Pesanan 100 Kamar Hotel di Jabar

3. Yoyon seniman segalanya

Aktor Kawakan Mohamad Sunjaya alias Yoyon Meninggal Dunia di BandungFoto hanya ilustrasi. (Pexels.com/Daian Gan)

Sedangkan, kerabat Yoyon sekaligus Seniman teater Bandung, Aat Suratin (66) mengatakan, Yoyon di mata kerabat, bukan sembarang aktor teater. Yoyon bisa jadi sosok seniman, sosok sastrawan. Dalam dunia seni Yoyon segalanya.

"Jadi Kang Yoyon itu seniman multi facet, dia seniman sejati dan senior, dia milik orang teater karena di teater, dia sastrawan karena bersastra," Kata dia.

Baca Juga: Bermodal Akun Palsu, Pria Pandeglang Perkosa Anak di Bawah Umur

4. Yoyon dikenal juga sebagai penyiar radio swasta

Aktor Kawakan Mohamad Sunjaya alias Yoyon Meninggal Dunia di Bandungfreepik.com

Selain banyak memberi kontribusi dalam dunia seni pertunjukan, Yoyon bagi Aat adalah sosok penyiar radio swasta yang selalu melekat di kalangan pendengar warga Jabar, bahkan Indonesia. Meninggalnya Yoyon, dirasakan dia, banyak yang merasakan kehilangan.

"Banyak yang kehilangan Yoyon, beliau meninggalkan jejak dimana-mana, sebelumnya di panggung drama juga Yoyon masih aktif," kata dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topic:

  • Azzis Zulkhairil
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya