10 Stilasi Bandung Lautan Api Didorong Jadi Destinasi Wisata

Pemkot Bandung sudah mengadakan diskusi dengan DPRD

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung segera melakukan revitalisasi terhadap 10 stilasi Bandung Lautan Api agar menjadi tempat destinasi pariwisata. Keinginan tersebut disampaikan Wali Kota Bandung Oded M Danial usai Upacara Peringatan Bandung Lautan Api ke -75 di Plaza Balai Kota Bandung, Rabu (24/3/2021) .

Menurut pria yang akrab dengan panggilan Mang Oded ini, pembahasan 10 stilasi Bandung Lautan Api sangat penting untuk tetap dijaga eksistensinya. Sehingga, untuk menjaga ruh dari peristiwa tersebut, Pemkot Bandung akan mewacanakan untuk menjadi destinasi wisata.

"Saya tadi telah berdiskusi dengan Ketua Dewan DPRD Kota Bandung untuk menghidupkan kembali stilasi Bandung Lautan Api di Kota Bandung. Salah satunya menjadi destinasi wisata, Insya Allah," ungkapnya.

1. Banyak hal yang perlu dipelajari dari pahlawan pendahulu

10 Stilasi Bandung Lautan Api Didorong Jadi Destinasi WisataHumas/Pemkot Bandung

Masih dalam momentum peringatan Bandung Lautan Api ke 75. Oded mengatakan bahwa banyak hal yang perlu dipetik dari perjuangan para pendahulu dalam melawan penjajah.

"Dengan momentum saat ini, jika pendahulu kita melawan penjajah. Sekarang perang melawan pandemik," ungkapnya.

2. Semangat melawan pandemik harus diterapkan

10 Stilasi Bandung Lautan Api Didorong Jadi Destinasi WisataHumas/Pemkot Bandung

Kekompakan warga Kota Bandung dalam melawan penjajah sangat penting untuk ditiru. Oded bilang, jangan sampai dengan kondisi pandemik ini masyarakat khususnya warga Kota Bandung tidak taat protokol kesehatan.

"Hari ini bisa ambil hikmah dan pelajaran. Ini kita bersama dengan sepirit kesatuan TNI, Polri kita kompak mengadapi COVID-19," ucapnya.

3. Monumen Bandung Lautan Api akan direvitalisasi

10 Stilasi Bandung Lautan Api Didorong Jadi Destinasi Wisatawjtoday.com

Untuk monumen Bandung Lautan Api di wilayah Tegalega, Kota Bandung, Oded menegaskan bahwa akan ada pembenahan dan perawatan maksimal. Menurut dia, hal itu sudah disamping pada instansi terkait.

"Soal monumen di Tegalega kita sudah sampaikan untuk dilakukan pembenahan," katanya.

4. Ini daftar 10 stilasi Bandung Lautan Api:

10 Stilasi Bandung Lautan Api Didorong Jadi Destinasi Wisatainstagram.com/nonaufi

1. Jalan Ir H. Juanda - Sultan Agung. Stilasi berada di depan gedung bekas kantor berita Jepang, Domei yang sudah ada sejak tahun 1937. 

2. Persimpangan Jalan Braga dan Jalan Naripan terletak gedung Bank Jabar yang dahulu bernama Gedung Denis.  Di gedung ini, pada Oktober 1945, pejuang Bandung Moeljono dan E. Karmas merobek bendera Belanda.

3. Bangunan depan Gedung Asuransi Jiwasraya di Jalan Asia-Afrika atau di seberang Masjid Raya Jawa Barat. Dahulu, gedung ini digunakan sebagai markas resimen 8 yang dibangun pada tahun 1922.

4. Sebuah rumah yang terletak di Jalan Simpang. Di tempat inilah dilakukan perumusan serta diambilnya keputusan pembumihangusan kota Bandung. 

5. Kemudian bangunan di depan SD Dewi Sartika, terleletak di antara Jalan Oto Iskandardinata - Jalan Kautamaan Istri.

6. Jalan Ciguriang sebelah pusat perbelanjaan Yogya Kepatihan. Stilasi 6 terletak dalam sebuah rumah yang juga markas komando Divisi III Siliwangi pimpinan kol. A.H. Nasution.

7. Bangunan belakang Kampus Unpas. Stilasi ini berada di persimpangan Jalan Lengkong Tengah dan Jalan Lengkong Dalam tepatnya belakang kampus Unpas.

8. Jalan Jembatan baru yang merupakan salah satu garis pertahanan pejuang saat terjadi pertempuran Lengkong. Untuk stilasi ke sembilan beradi di Jalan Asmi.

9. Bangunan di dekat SD ASMI, tepat Jalan Asmi. Bangunan utama gedung yang sampai saat ini tidak banyak mengalami perubahan. Bangunan ini dulunya sempat dipakai PESINDO dan BBRI.

10. Bangunan Gereja Gloria. Dahulu pada saat Bandung Lautan Api greja ini digunakan untuk menyiarkan proklamasi.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya