Menurut Menhub Arus Mudik di Jalur Nagreg Masih Terkendali 

128.000 kendaraan lintasi jalur Nagreg hingga H-1 lebaran

Kabupaten Bandung, IDN Times - Puncak arus mudik Lebaran tahun 2022 di jalur selatan Nagreg sudah dilalui pada Jumat (29/4/2022), atau H-3 hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, hal itu merupakan kesimpulan dari pantauan lapangan sejak H-10 Lebaran.

Ia merasa bahagia usai melihat jalur selatan Nagreg bisa dilalui para pemudik dengan lancar, meskipun terlihat kenaikan volume kendaraan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan arus mudik lebaran 2019 lalu.

"Hari ini kita bahagia, arus mudik di Nagreg berjalan dengan lancar, bisa dibayangkan puncak mudik telah terjadi kemarin," ujar Budi Karya, saat konferensi pers di Pos Pelayann Cikaledong, Nagreg, Kabupaten Bandung, Minggu (01/5/2022).

1. Ada 128.00 kendraan melintasi jalur selatan Nagreg hingga H-1 lebaran 2022

Menurut Menhub Arus Mudik di Jalur Nagreg Masih Terkendali IDN Times/Aris Darussalam

Budi pun menuturkan hasil pantauan tersebut. Hingga hari ini H-1 lebaran 2022 jumlah kendaraan yang melintasi jalur selatan Nagreg mencapai 128.000 kendaraan. Angka tersebut meningkat signifikan dibanding tahun 2019.

"Bisa dibayangkan puncak mudik telah terjadi kemarin, dengan jumlah sebanyak 128.000 kendaraan, jika dibandingkan tahun 2019, puncaknya itu 97.000 kendaraan," tutur Budi.

2. Kenaikan angka arus mudik signifikan, namun diklaim tetap terkendali

Menurut Menhub Arus Mudik di Jalur Nagreg Masih Terkendali IDN Times/Aris Darussalam

Setelah membandingkan peningkatan signifikan terkait jumlah kendaraan yang melintasi Nagreg, Budi pun mengevaluasi kinerja berbagai pihak dalam menangani kelancaran lalu lintas. Menurut dia, pemerintah dan aparat terkait telah berhasil mengendalikan arus mudik lebaran 2022.

"Jadi walaupun ada kenaikan yang cukup tinggi, intinya masih tetap bisa kami dikendalikan," kata Budi.

3. Menhub apresiasi peran daerah dalam kelancaran mudik lebaran 2022

Menurut Menhub Arus Mudik di Jalur Nagreg Masih Terkendali IDN Times/Aris Darussalam

Di akhir kunjungan ia mengapresiasi Bupati Kabupaten Bandung, Kapolres Bandung, dan Kadishub Kabupaten Bandung, yang dicap berhasil berkoordinasi hingga menghasilkan kontribusi untuk kelancaran arus lebaran mudik 2022.

"Saya ucapkan terimakasih kepada Bupati, Kapolres, dan Kadishub yang memberikan dukungan proses kegiatan keamanana dan pelayanan (mudik)," ujar Budi.

Baca Juga: Cerita Pemudik OTW Pakai Bajaj Dari Jakarta ke Nagreg

Baca Juga: Rombongan Pemudik Kendaraan Roda Dua Mulai Terlihat di Jalur Nagreg 

Baca Juga: H-5 Lebaran 2022, Jalur Mudik Cileunyi hingga Nagreg Masih Landai

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya