Jelang Larangan Mudik, Gerbang Tol Cileunyi Mulai Disekat

 Sesuai aturan pemerintah tentang larangan mudik tahun 2021

Kabupaten Bandung, IDN Times - Kawasan Tol Cileunyi yang menjadi simpul arus lalu lintas menuju jalur selatan kerap dilewati masyarakat untuk mudik lebaran khusunya dari arah Jabodetabek. Berkaitan dengan itu, Kanit Turjawali Satltantas Polresta Bandung AKP Kiki Hartaki mengatakan jika kepolisian sudah melakukan penyekatan arus lalu lintas di gerbang keluar Tol Cileunyi per hari ini, Sabtu (24/4/2021).

"Untuk saat ini kami dari Satlantas Polresta Bandung melaksanakan penyekatan terurama pengendara dari luar Bandung, khususnya yang datang dari Jabotabek dan keluar exit Tol Purbaleunyi," kata Akp Kiki Hartaki.

1. Penyekatan digelar berdasarkan perubahan aturan pelarangan mudik 2021

Jelang Larangan Mudik, Gerbang Tol Cileunyi Mulai DisekatIDN Times/Aris Darussalam

Penyekatan tersebut digelar setelah adanya perubahan aturan baru soal pengetatan pelarangan mudik 2021 dari Pemerintah Pusat. Perubahan dilakukan melalui Addendum Surat Edaran No. 13 Tahun 2021 tentang mengatur pengetatan Persyaratan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) selama H-14 peniadaan mudik yang dimajukan sejak 22 April 2021 lalu hingga 5 Mei 2021.

"Kami lakukan penyekatan ini sesuai arahan dari Pemerintah Pusat, bahwa yang awalnya penyekatan dilakukan pada 6 Mei 2021 kini dimajukan dari 22 April 2021 sampai 5 Mei 2021," ujarnya.

2. Waktu pelakasanaan penyekatan

Jelang Larangan Mudik, Gerbang Tol Cileunyi Mulai DisekatIDN Times/Aris Darussalam

Pelaksanaan penyekatan, kata dia, dilakukan sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB. Selain itu Kiki menambahkan, penyekatan di masa pra-mudik ini dilaksanakan hingga tanggal 5 Mei 2021, sebelum pelarangan mudik nantinya diberlakukan.

"Untuk kegiatan masa pra-mudik ini akan dilaksankan sampai 5 Mei 2021, sebelum mulai tanggal 6 Mei 2021 aturan pelarangan mudik hari raya Idulfitri 2021 berlaku," katanya.

3. Ada 320 kendaraan diputarbalikkan

Jelang Larangan Mudik, Gerbang Tol Cileunyi Mulai DisekatIDN Times/Aris Darussalam

Ia menambahkan, sebanyak 320 kendaraan roda empat diputar balikan karena tidak bisa menunjukkan surat hasil swab antigen dan tidak mau melakukan swab gratis yang telah disediakan oleh petugas.

"Jadi dalam penyekatan ini, 320 kendaraan kami putar balikan karena tidak bisa menunjukan surat hasil swab dan tidak mau di swab gratis di sini. Tadi juga ada yang di swab sebanyak 50 orang, hasilnya Alhamdulilah non reaktif semua" kata Kiki.

4. Kondisi lalulintas saat ini

Jelang Larangan Mudik, Gerbang Tol Cileunyi Mulai DisekatIDN Times/Aris Darussalam

Berdasarkan pantau IDN Times di lapangan serta keterangan dari pihak kepolisian, terjadi peningkatan volume arus lalintas saat penyekatan dilakukan. "Sasaran kami terlebih dahulu (pelat nomor) dari luar wilayah Bandung," katanya.

"Dipastikan hingga sore pasti ada situasi peningkatan arus, dan ini akan kami antisipasi," pungkasnya

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya