TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hasil Musda KNPI Jabar Jadi Masalah Tanpa Izin DPP

Ketua umum hasil musda tidak bisa dianggap definitif

Ilustrasi. IDN Times/Galih Persiana

Bandung, IDN Times - Persoalan musyawarah daerah (Musda) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Barat (Jabar) masih belum menemui titik terang. Saat ini, status Ridwansyah Yusuf Achmad sebagai ketua DPD KNPI Jabar belum dianggap sah oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KNPI.

Asep Warlan, Pengamat Politik yang juga Pakar Hukum Tata Negara Universitas Parahyangan mengatakan, status sah atau tidaknya musda merupakan hal yang penting dalam organisasi. Apalagi KNPI yang punya rekam jejak panjang.

"Keabsahan ini penting, karena bagaimana pun juga kalau memang tidak sah ya secara formal tidak bisa menjabat definitif. Keabsahan itu bisa dari segi prosedur, mekanisme, persyaratan, bisa juga dari sisi pengakuan dari DPP," ujar Asep saat dihubungi, Selasa (31/8/2021).

1. Pengamat sebut Musda DPD KNPI Jabar bermasalah

IDN Times/Unpar.ic.id

Dalam organisasi semua keputusan harus dilakukan secara bersama, dalam hal ini DPP juga harus dilibatkan. Asep bilang, musda biasanya digelar berdasarkan aturan dari anggaran dasar anggaran rumah tangga (AD/ART).

"Kalau misalnya mekanisme prosedurnya tidak sesuai dengan AD/ART berarti ya itu ada masalah. Harus ada kepastian," ungkapannya.

2. Musda akan jadi masalah tanpa keputusan DPP

IDN Times/Istimewa

Kemudian, Asep mengatakan, bicara soal prosedur dan mekanisme, maka DPP KNPI juga harus punya surat resmi yang mengatakan musda itu tidak sah. Sebab, sangat penting pernyataan status sah atau tidaknya musda KNPI Jabar.

"Kalau tidak sesuai dengan mekanisme ini akan jadi masalah nanti. Ketidakabsahan yang bisa mengakibatkan tidak bisa berbuat apa-apa. Ilegal nantinya, AD/ART yang merupakan konstitusi bagi organisasi," katanya.

Baca Juga: Digelar Hari Ini, OKP Jabar Sepakat Musda XV KNPI Jabar Tidak Diundur

Baca Juga: Ridwan Kamil Diminta Tak Ikut Campur Musda KNPI Jabar

Berita Terkini Lainnya