Comscore Tracker

Digelar Hari Ini, OKP Jabar Sepakat Musda XV KNPI Jabar Tidak Diundur

Musda KNPI berlangsung di Garut

Bandung, IDN Times - Organisasi kepemudaan dan DPD KNPI kota/kabupaten se-Jawa Barat solid menyepakati pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) XV KNPI Jabar tetap digelar sesuai jadwal. Rencananya, musda akan dilaksanakan pada 25-27 Agustus 2021 di Hotel Harmoni, Kabupaten Garut.

Wakil Ketua Pengurus Wilayah Satuan Siswa, Pelajar dan Mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila (PP) Jabar Ikrar Sajati Akbar mengatakan, OKP di Jabar sangat solid dan mendukung pelaksanaan musda digelar sesuai jadwal. Musda menjadi langkah stretagis bagi DPD KNPI Jabar untuk meneruskan tongkat estafet kepengurusan.

“OKP Jabar sangat antusias terhadap musda karena diharapkan menjadi regenerasi bagi seluruh pemuda. Nantinya peran pemuda di Jabar bisa berkembang, lalu berperan aktif dalam pembangunan, khususnya penanganan panedemi Covid-19. Ini semangat baru bagi Pemuda Jabar. Hanya oknum yang ingin menggagalkan musda,” kata Ikrar di Bandung, Rabu 25 Agustus 2021.

1. DPP KNPI meminta pelaksanaan musda diundur

Digelar Hari Ini, OKP Jabar Sepakat Musda XV KNPI Jabar Tidak DiundurIDN Times/Istimewa

Terkait surat DPP, Ikrar menilai seharusnya pihak pusat mengapresiasi langkah DPD KNPI Jabar yang solid, satu, dan tidak terpecah. Bahkan, meniru Jabar untuk selanjutnya menggagas kongres persatuan.

“Saya baca surat-surat dari DPP. Ada klausul menyebutkan musda diundur hanya seminggu. Apakah selama seminggu itu kongres persatuan akan terjaid? Kan tidak jelas,” jelasnya.

2. DPD KNPI Jabar solid mendukung pelaksanaan musda sesuai jadwal

Digelar Hari Ini, OKP Jabar Sepakat Musda XV KNPI Jabar Tidak DiundurIlustrasi. IDN Times/Galih Persiana

Sejumlah DPD KNPI kota/kabupaten se-Jabar akan solid mendukung pelaksanaan Musda XV KNPI sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Sikap tersebut sebagai upaya menjaga kepentingan persatuan dan kesatuan pemuda di Jawa Barat.

"Penyelenggaraan musda ini telah sejak lama dipersiapkan dan dikoordinasikan serta telah menjadi momentum yang ditunggu-tunggu oleh pemuda, baik OKP maupun KNPI Kabupaten dan kota. Seharusnya kegiatan ini didukung seluruh komponen organisasi KNPI dari seluruh tingkatan," kata Yoga Rahardiansyah, Ketua KNPI Kabupaten Indramayu.

 

3. Dukungan juga muncul dari organisasi kepemudaan di Jabar

Digelar Hari Ini, OKP Jabar Sepakat Musda XV KNPI Jabar Tidak DiundurIDN Times/Istimewa

Sementara itu, organisasi mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Cipayung mendukung pelaksanaan Musda XV KNPI Jawa Barat tetap digelar sesuai jadwal. Dukungan diberikan sejumlah organisasi mahasiswa, di antaranya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI).

Ketua Umum Badko Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jawa Barat, Khoirul Anam Gunawan Winata mengatakan, pelaksanaan musda sesuai jadwal akan mengoptimalkanperan pemuda seiring terbentuknya kepengurusan KNPI. Agenda tersebut akan mampu memaksimalkan peran pemuda, khususnya dalam penanganan pandemi Covid-19 sekarang.

“Kami siap menyukseskan agenda Musda XV KNPI Jabar di Garut nanti. Musda akan melahirkan pimpinan terbaik. Terpenting tetap menjaga solidaritas dan azas kekeluargaan sebagaimana spirit KNPI sebagai wadah pemersatu bangsa, pemersatu negara,” ujar Anam.

Koordinator Wilayah III Pengurus Pusat GMKI Andreas Simanjuntak menuturkan, Musda XV KNPI Jabar akan menjadi contoh penyelesain konflik-konflik yang terjadi di internal organisasi.

“Saya mendesak agenda Musda XV KNPI Jabar harus segera dilaksanakan. Jangan ditunda-tunda lagi, karena dapat membuka ruang ruang baru yang bisa menimbulkan konflik baru,” ungkapnya.

Ketua DPD IMM Jawa Barat Deni Safrudin berharap musda berjalan lancar karena akan memberikan kesempatan dan hak bagi pemuda di Jawa Barat untuk menentukan masa depannya sendiri. Juga untuk mencari solusi bersama supaya keluar dari situasi yang sulit akhir-akhir ini.

Ketua KAMMI Jawa Barat Ahmad Jundi berharap musda tidak ditunda setelah sebelumnya mengalami pengunduran dua kali.

“Harus terlaksana sesuai jadwal. Jangan ditunda lagi,” ucapnya.

4. Sudah mendapatkan izin acara dari satgas COVID-19 Garut

Digelar Hari Ini, OKP Jabar Sepakat Musda XV KNPI Jabar Tidak DiundurIDN Times/Istimewa

Ketua Steering Committee Musda XV KNPI Jawa Barat Abdul Azis memastikan panitia sudah mendapatkan izin untuk menggelar acara. Musda akan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Terlebih musda akan menjadi percontohan untuk kegiatan di masa pandemi.

“Musda jadi tanggal 25 Agustus di Garut. Beberapa hari lalu kami audiensi dengan Bupati Garut, beliau mengizinkan. Kapolres dan Satgas COVID juga sudah mengizinkan,” ujarnya.

Baca Juga: Musda KNPI Jabar: Bertarunglah dengan Fair, Jangan Ada Aklamasi

Baca Juga: Politisi Golkar: Berorganisasi di KNPI Jangan Hanya Urusan Politik 

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya