Hampir Setahun, Pembangunan Stasiun Padalarang Berjalan Lancar

Bisa meredam kemacetan di Bandung Barat

Bandung, IDN Times – Stasiun Padalarang milik Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) saat ini sedang dibangun. Kabarnya, hingga berita ini diturunkan pembangunan Stasiun Padalarang berjalan lancar sesuai target yang telah ditetapkan.

"Progres (konstruksi) seluruh stasiun KCJB juga sudah mendekati rampung," ujar Manager Corporate Communication KCIC, Emir Monti, kepada wartawan, Kamis (13/7/2023).

Stasiun Padalarang sendiri merupakan titik penting bagi operasional KCJB. Bagaimana tidak, stasiun ini akan meningkatkan aksesibilitas masyarakat Kabupaten Bandung Barat dalam menjangkau ibu kota.

1. Stasiun Padalarang dikerjakan sejak Oktober 2022

Hampir Setahun, Pembangunan Stasiun Padalarang Berjalan LancarWebsite

Pembangunan Stasiun Padalarang mulai dikerjakan intensif sejak China Railway Group Limited (CREC) sebagai kontraktor menerima penugasan pada 31 Oktober 2022. Dengan jadwal dan anggaran yang ketat, konstruksi stasiun Padalarang memiliki tingkat kesulitan dan risiko yang lebih tinggi.

Padalarang menjadi satu-satunya stasiun yang dibangun bersentuhan langsung dengan jalur kereta api yang sudah ada lebih dulu. Berdiri di atas luas lahan 12.748 meter persegi, stasiun kereta cepat Padalarang dilengkapi dengan 2 set dan 4 jalur kereta.

2. Di Padalarang, penumpang bisa pindah dari kereta konvensional ke kereta cepat

Hampir Setahun, Pembangunan Stasiun Padalarang Berjalan LancarKereta cepat Korea Selatan KTX Train (ktxtrains.com)

Setelah selesai, Padalarang akan menjadi satu-satunya stasiun KCJB yang dapat mewujudkan perpindahan antara kereta api kecepatan normal dan kecepatan tinggi.

Stasiun ini menjadi solusi bagi wisatawan yang memasuki pusat kota Bandung, memudahkan perjalanan masyarakat dan secara efektif, dan mempromosikan pembangunan ekonomi dan sosial setempat.

3. Meredam kemacetan di Bandung Barat

Hampir Setahun, Pembangunan Stasiun Padalarang Berjalan LancarIlustrasi kemacetan lalu lintas. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

KCJB awalnya memiliki empat stasiun pemberhentian yakni Halim, Karawang, Walini dan Tegalluar. Namun pemerintah Indonesia kemudian memutuskan untuk mengganti stasiun Walini ke Padalarang untuk lebih dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat.

Padalarang juga dipilih untuk memiliki stasiun karena berperan besar dalam meningkatkan kondisi lalu lintas di Kabupaten Bandung Barat.

Hingga saat ini, progres pembangunan stasiun Padalarang terus berkembang dan semakin mendekati target rampung. Kontraktor dikabarkan masih bekerja dan hati-hati agar stasiun penghubung kereta cepat dan kereta feeder menuju kota Bandung ini selesai sesuai jadwal.

Baca Juga: Saksi Dengar Suara Gumuruh Sebelum Kecelakaan KCJB di Padalarang

Baca Juga: Babat Alas! Jalan Baru Padalarang-Cipatat KBB Digarap di Februari Ini

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya