Babat Alas! Jalan Baru Padalarang-Cipatat KBB Digarap di Februari Ini

Bakal dimulai di tanggal cantik: 22/2/2022

Bandung Barat, IDN Times - Pembangunan jalan baru di Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal dilakukan di tahun 2022 ini. Rencananya jalan yang dinamai Jalan Lingkar itu dibangun membentang dari Kota Baru Parahyangan, Padalarang tembus ke Cipatat

Pembangunan itu rencananya akan dimulai pada akhir Februari 2022 ini. Pemerintah Daerah KBB bersama PT Bale Putera Intiland bakal melakukan peletakan batu pertama atau ground breaking pada Selasa, (22/2/2022) mendatang.

"Pemda KBB sudah merencanakan bakal melakukan ground breaking Jalan Lingkar Padalarang pada 22 Februari mendatang," kata Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Setda KBB Maman Sulaiman, Jumat (4/2/2022).

1. 7,4 kilometer: Kota Baru Parahyangan tembus Cipatat

Babat Alas! Jalan Baru Padalarang-Cipatat KBB Digarap di Februari IniIDN/Dok. Kinema

Jalan ini merupakan jalan yang diproyeksikan untuk memecah padatnya kendaraan di sekitar Padalarang. Sementara ini, Jalan Raya Tagog Padalarang sampai Jalan Raya Ciburuy selalu menjadi langganan macet setiap kali jam berangkat maupun pulang kerja.

"Panjang jalannya 7,4 kilometer dengan lebar rata-rata 15 meter. Mulai dari Kota Baru tembus ke Cipatat. Semua anggaran ini murni dari Kota Baru Parahyangan," ungkap Maman.

Sepanjang 7,4 kilometer itu, PT Bale Putera Intiland membabat perkebunan, lereng gunung dan beberapa lahan milik warga. Proses pembebasan pun diklaim hampir rampung 100 persen.

2. Bangkitkan potensi ekonomi desa

Babat Alas! Jalan Baru Padalarang-Cipatat KBB Digarap di Februari Ini(IDN/Dok. Kinema)

Meski dibangun oleh PT. Bale Putera Intiland, menurut Maman, proyek pembangunan jalan ini mendukung langkah Pemkab Bandung Barat dalam mewujudkan tata pembangunan dan mendorong kebangkitan ekonomi.

"Melihat master plan yang akan dibangun, kami meyakini bakal ada potensi baik di sepanjang jalan lingkar itu. Beberapa masyarakat yang sebelumnya memiliki kesulitan akses, nantinya bakal dimudahkan," paparnya.

3. Urai kepadatan kawasan Padalarang

Babat Alas! Jalan Baru Padalarang-Cipatat KBB Digarap di Februari IniIDN/Dok. Kinema

Manager Community Development and Security PT. Bela Putera Intiland, Yayat Munajat menyebutkan, anggaran pembangunan Jalan Lingkar Padalarang-Cipatat akan menggunakan dana CSR.

Dia menyebutkan pembangunan jalan 
alternatif ini juga lanjutan setelah Flyover Simpang Padalarang dibangun. "Adanya jalan lingkar supaya kendaraan dari arah Padalarang ke Cianjur atau sebaliknya tidak menumpuk di Jalan Raya Tagog," ucapnya belum lama ini.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya