Tol Cisumdawu Bakal Jadi Daya Tarik Investasi Rebana Jabar

BUMD Jabar ikut kelola Tol Cisumdawu

Bandung, IDN Times - Keberadaan Tol Cisumdawu turut mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di wilayah Jawa Barat bagian utara atau kawasan Metropolitan Rebana. Tol Cisumdawu kini sudah beroperasi penuh sejak diresmikan pada Selasa (11/7/2023).

Pengelola Tol Cisumdawu sendiri ada dari BUMD Jabar, PT Jasa Sarana. Perusahaan pelat merah ini tergabung dalam badan usaha jalan tol PT Citra Karya Jabar Tol (PT CKJT) yang membangun dan mengelola jalan tol sepanjang 61,6 kilometer itu.

"Sebagai salah satu pemegang saham CKJT dan BUMD Jawa Barat yang bergerak di bidang infrastruktur kami menyambut baik peresmian Tol Cisumdawu," ujar Direktur Utama PT Jasa Sarana, Indrawan Sumantri, Kamis (13/7/2023).

1. Tol Cisumdawu permudah akses BIJB Kertajati

Tol Cisumdawu Bakal Jadi Daya Tarik Investasi Rebana JabarTol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). (dok. Kementerian PUPR)

Indrawan mengatakan, ruas tol Cisumdawu punya nilai strategis sebagai pelengkap konektivitas infrastruktur dari Kota Bandung dengan Bandara kertajati yang nantinya akan menghidupkan roda perekonomian khususnya ke wilayah kota dan atau kabupaten di ruas Tol Cisumdawu.

"Baik itu karena pergerakan manusianya dan pergerakan logistik komoditas dari Bandung ke Bandara Kertajati atau sebaliknya khususnya, dan pergerakan logistik komoditas sekitar wilayah yang dilalui Tol Cisumdawu pada umumnya," katanya.

2. Tol Cisumdawu jadi nilai lebih untuk investor

Tol Cisumdawu Bakal Jadi Daya Tarik Investasi Rebana JabarANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/kye

Indrawan juga menilai keberadaan Tol Cisumdawu melengkapi jaringan tol yang ada di kawasan Metropolitan Rebana. Dia mengatakan, kawasan Rebana sebagai kawasan industri yang akan tumbuh dan menarik investor dalam dan luar negeri sangat membutuhkan konektivitas jaringan infrastruktur jalan tol.

"Keberadaan Tol Cisumdawu ini bisa membuat nilai tambah dan daya tarik investor mau berinvestasi di Kawasan Industri Rebana," ucapnya.

3. Gubernur Jabar optimistis Tol Cisumdawu bangkitkan perekonomian Jabar

Tol Cisumdawu Bakal Jadi Daya Tarik Investasi Rebana JabarRidwan Kamil. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Sebelumnmya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan Tol Cisumdawu melengkapi infrastruktur besar yang sudah terbangun lebih dulu yakni Pelabuhan Patimban Subang, Bandara Kertajati Majalengka dan Tol Cikopo-Palimanan.

"Dari Bandung ke Sumedang biasa 2 jam sekarang 30 menit, kalikan dengan jutaan kegiatan ekonomi, bayangkan berapa banyak pertumbuhan dan aktifitas positif yang akan hadir," kata Gubernur usai mengikuti kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Majalengka dan Sumedang, Selasa (11/7/2023).

Gubernur optimis masa depan Jawa Barat yang dirancang di kawasan Rebana akan makin terbuka dengan kehadiran infrastruktur yang sangat lengkap. "Cisumdawu ini pintu ke Rebana masa depan Jawa Barat ada di ujung pintu tol Cisumdawu yaitu lahirnya 13 pusat pertumbuhan baru," katanya.

Baca Juga: Pemprov Jabar Bakal Terbitkan Obligasi Daerah, Bidik Dana Rp2 Triliun

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Tol Cisumdawu, Termegah di Indonesia

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya