Comscore Tracker

Restoran Baru Bermunculan, Investasi di Purwakarta Bisa Lampaui Target

Potensi pasar dan kemudahan perizinan jadi daya tarik

Purwakarta, IDN Times - Sekretaris Daerah Purwakarta Norman Nugraha mengklaim nilai investasi yang sudah terealisasi di daerahnya sepanjang tahun ini mencapai Rp5,7 triliun. Jumlah tersebut diperkirakan mencapai 97 persen dari target investasi 2022 yang ditetapkan senilai Rp5,88 triliun.

Karena itu, Norman mengaku optimistis penanaman modal di daerahnya tahun ini bisa melebihi target.

“Saya yakin di akhir tahun ini investasi kita bisa over target di angka 120 atau mungkin 125 persen,” katanya seusai pembukaan restoran Yoshinoya di Jalan Veteran Kecamatan Purwakarta, Rabu (26/10/2022).

Ia menyebutkan investasi yang masuk ke Purwakarta tahun ini berasal dari berbagai sektor, mulai dari sektor industri, perdagangan dan lainnya.

Menurutnya, pencapaian investasi sesuai target menunjukkan komitmen pemerintah daerah untuk memberikan kemudahan perizinan dan kesempatan usaha bagi para investor dalam negeri maupun mancanegara.

1. Pemerintah daerah beri kemudahan bagi para investor

Restoran Baru Bermunculan, Investasi di Purwakarta Bisa Lampaui TargetIlustrasi investasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Norman menjelaskan kemudahan yang telah dilakukan pemerintah daerahnya selama ini untuk investor, mulai dari sistem perizinan secara digital dan daring hingga memberikan pelayanan yang cepat dalam mengurus berbagai macam perizinan.

“Kedatangan restoran baru seperti ini jelas memberikan keuntungan bagi daerah kaitannya dengan investasi. Termasuk dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajaknya sebesar 10 persen,” tutur Norman.

2. Pajak restoran sumbang kontribusi besar ke PAD

Restoran Baru Bermunculan, Investasi di Purwakarta Bisa Lampaui TargetIlustrasi Pajak (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut perhitungan Norman, jumlah pemasukan dari pajak restoran di Purwakarta saat ini juga sudah hampir mencapai target. “Tahun ini (pajak restoran) ditargetkan Rp50 miliar sampai Rp60 miliar. Sekarang sudah hampir mencapai target,” katanya menegaskan.

Pembukaan restoran modern tersebut diakui menambah jumlah restoran modern di Kabupaten Purwakarta selama periode kepemimpinan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. Norman berharap fenomena tersebut bisa meningkatkan perekonomian daerahnya secara langsung.

3. Purwakarta dinilai punya potensi pasar yang besar

Restoran Baru Bermunculan, Investasi di Purwakarta Bisa Lampaui TargetIDN Times/Abdul Halim

Sementara itu, Senior Marketing Activation Manager Yoshinoya Pusat, Zuhdan Kamal menyebut restoran yang dibuka di Purwakarta adalah restoran ke-140. Ia mengakui Purwakarta menjadi daerah yang memiliki potensi pasar yang cukup besar.

“Setelah kami lakukan survei dan akhirnya resmi hari ini kami buka untuk Purwakarta,” kata Zuhdan, menilai sistem perizinan di Purwakarta cukup mudah.

Dalam rangka promosi pembukaan restorannya itu, pihak perusahaan menawarkan sejumlah penawaran dari mulai potongan harga hingga 50 persen dan hadiah menarik lainnya.

Baca Juga: Ponpes Tradisional di Purwakarta Bisa Mandiri dan Cetak Lapangan Kerja

Baca Juga: UMKM dan Ekraf Disiapkan Hadapi Ancaman Resesi Ekonomi 2023 

Baca Juga: Miras Ilegal dalam Kemasan Air Mineral Marak Dijual di Purwakarta

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya