Comscore Tracker

Kisah Upit Sarimanah, Pesinden Sunda Legendaris Asal Purwakarta

Pemkab gelar pertunjukkan mengenang karya Upit Sarimanah

Purwakarta, IDN Times - Suara melengking Edah Jubaedah masih bertenaga saat membawakan lagu “Bapak Tani” diiringi musik tradisional khas Jawa Barat. Penampilannya berhasil menghibur bupati beserta para penonton di Bale Yudhistira Sekretariat Daerah Purwakarta, Senin (25/7/2022) malam lalu.

Pesinden yang telah berusia senja itu disebut-sebut sebagai satu-satunya murid yang masih hidup dari pesinden legendaris asal Purwakarta, Upit Sarimanah (16 April 1928-11 Februari 1992). Karena itu, Edah pun sengaja diminta membawakan salah satu lagu yang dipopulerkan gurunya pada acara itu.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan jika panggung musik kali ini merupakan bentuk penghargaan terhadap warga Purwakarta yang inspiratif, yakni Upit Sarimanah.

"Semoga bisa memotivasi kita semua, khususnya anak-anak muda Purwakarta untuk melahirkan karya-karya seperti beliau ini," katanya, Kamis (28/7/2022).

Acara tersebut memang didedikasikan secara khusus bagi mendiang Upit Sarimanah atas karya-karyanya yang menginspirasi hingga saat ini. Penyelenggaraannya juga sekaligus untuk memperingati Hari Jadi ke-191 Purwakarta dan 54 tahun berdirinya Kabupaten Purwakarta.

1. Upit sempat tampil di berbagai negara pada masa kejayaannya

Kisah Upit Sarimanah, Pesinden Sunda Legendaris Asal Purwakartadok datasunda

Tembang “Bapak Tani” menjadi salah satu lagu yang dipopulerkan oleh Upit Sarimanah di masa kejayaannya sekitar 1950-an hingga 1970-an. Pesinden bernama asli Suryamah dikenal lewat lagu “Mojang Priangan” serta lagu lain seperti “Bajing Luncat”, “Sakadang Kuya jeung Monyet”, “Kukupu”, dan “Sedih Prihatin”.

Cucunya, Asep mengakui karier Upit Sarimanah sebagai pesinden dimulai sejak bergabung dengan Radio Republik Indonesia. Neneknya diketahui sering tampil di berbagai daerah di Indonesia, bahkan hingga ke Malaysia, China hingga Amerika.

2. Upit Sarimanah disamakan seperti pendakwah Mamah Dedeh

Kisah Upit Sarimanah, Pesinden Sunda Legendaris Asal Purwakartainstagram.com/mamahdedeh24

Namun, perjalanan hidup Upit Sarimanah justru diakhiri sebagai pendakwah. “Di akhir masa kejayaannya, nenek saya dikenal tak hanya sebagai pesinden tapi juga penceramah perempuan seperti Mamah Dedeh kalau sekarang itu,” kata Asep, saat ditemui di Bale Yudhistira.

Profesinya sebagai pendakwah mungkin tak sebesar namanya sebagai sinden, namun Upit menjalani secara tulus hingga menjelang akhir hayatnya. Dari hasil jerih payahnya berceramah dari kampung ke kampung, Upit diketahui kerap menyumbangkan hartanya untuk membangun masjid di Purwakarta hingga Pangandaran.

3. Anak-anak Upit Sarimanah tidak ada yang menjadi pesinden

Kisah Upit Sarimanah, Pesinden Sunda Legendaris Asal PurwakartaIlustrasi sinden (IDN Times/Daruwaskita)

Sayangnya, tidak ada satu pun anak kandungnya yang menjadi penerus Upit Sarimanah. “Kalau keluarga (anak-anaknya) lebih ke akademisi, cuma dari adik kandungnya yang menurunkan jiwa seni ke anaknya. Cucu-cucunya sekarang banyak yang menjadi musisi salah satunya jadi basis Ari Lasso,” kata Asep.

Menurut Asep, neneknya memang tidak mengarahkan anak-anak dan cucunya untuk mengikuti jejak Upit sebagai pesinden. Ia mengaku memberikan kebebasan kepada generasi penerusny untuk menentukan pilihan hidupnya, sesuai dengan kemampuan dan kesenangannya masing-masing.

4. Keluarga kerap tak bisa menghadiri acara penghargaan

Kisah Upit Sarimanah, Pesinden Sunda Legendaris Asal PurwakartaSumber Gambar: www.queenofthecastlemagazine.com

Pihak keluarga mengaku bangga dengan Upit Sarimanah yang telah menginspirasi banyak orang hingga saat ini. “Bangga, tak hanya bagi keluarga di Cibulakan, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, tapi juga seluruh warga Jawa Barat,” ujar Asep.

Namun, Asep mengeluhkan undangan acara pemberian penghargaan untuk Upit Sarimanah sering kali mendadak kepada pihak keluarga. Sehingga, pihak keluarga yang hadir hanya perwakilan bahkan tidak bisa hadir sama sekali.

Baca Juga: 10 Inspirasi Kebaya Kondangan ala Sinden OVJ, Glamor bak Diva!

Baca Juga: 9 Potret Gisella Anastasia Saat Berbaju Sinden, Bikin Cowok Terpikat!

Baca Juga: Lirik Lagu Manuk Dadali, Lagu Daerah Asal Tanah Sunda

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya