Interchange KM 99 Tol Cipularang Ditargetkan Beroperasi Tahun ini

Lima kecamatan di Purwakarta disiapkan sambut akses baru

Purwakarta, IDN Times - Pembangunan simpang jalan (interchange) di kilometer 99 Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) akan segera terealisasi. Keberadaan gerbang tol diharapkan akan memajukan wilayah sekitarnya.

Berdasarkan informasi terbaru dari pemerintah pusat, interchange itu ditargetkan beroperasi pada 2022 ini. "Menunggu DED (Detail Engineering Design) dirapatkan, terus pembangunan," kata Sekretaris Daerah Purwakarta Iyus Permana, Senin (7/3/2022).

Sebelumnya, Badan Pengatur Jalan Tol dikabarkan telah melakukan kajian teknis bersama Jasa Marga. Lokasi proyek juga sempat ditinjau oleh Kepala Badan Pengawas Keuangan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh, akhir pekan lalu.

1. Lima kecamatan masuk rencana pembangunan Zona Selatan

Interchange KM 99 Tol Cipularang Ditargetkan Beroperasi Tahun iniindonesia.travel

Menyambut pembukaan akses baru ke wilayah Purwakarta, Bupati Anne Ratna Mustika telah merancang pembangunan Zona Purwakarta Selatan. Pembangunan yang disiapkan terutama untuk sektor kepariwisataan.

"Ini akan menjadi akses ke beberapa kecamatan terutama masyarakat di Kecamatan Darangdan, Bojong, Plered, Tegalwaru dan Maniis," kata Anne. Menurutnya, wilayah tersebut memang memiliki potensi perekonomian masyarakat yang cukup besar.

2. Interchange KM 99 bermanfaat bagi daerah lainnya

Interchange KM 99 Tol Cipularang Ditargetkan Beroperasi Tahun iniAbdul Halim/IDN Times

Salah satu wilayah potensial di sana ialah Kecamatan Plered yang sudah dikenal sebagai sentra industri keramik sejak dulu. Kecamatan tersebut dinilai memiliki daya tarik pariwisata seperti Pasar Sate Maranggi dan sebagainya.

Lebih jauh, keberadaan gerbang tol baru di sana juga akan membuka akses pariwisata ke Ciater Subang melalui Jalur Wanayasa, Danau Cirata via Cikalong Bandung Barat dan sebagainya. "Interchange Km 99 ini merupakan hal yang sudah lama ditunggu-tunggu masyarakat Purwakarta," ujar Anne.

3. Bupati dampingi Kepala BPKP tinjauan lokasi proyek

Interchange KM 99 Tol Cipularang Ditargetkan Beroperasi Tahun iniAbdul Halim/IDN Times

Anne berharap, keberadaan interchange akan membawa dampak positif bagi pembangunan infrastruktur, peningkatan ekonomi masyarakat terutama pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Serta, industri kreatif termasuk industri pariwisata.

Harapan itu turut disampaikan kepada Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh saat meninjau proyek pembangunan Gerbang Tol Interchange KM 99 Tol Cipularang dan proyek Wisata Religi Masjid Endan Adansih di Kecamatan Bojong, Sabtu (5/3/2022) lalu.

4. Lokasi wisata religi di dekat lokasi interchange

Interchange KM 99 Tol Cipularang Ditargetkan Beroperasi Tahun iniMasjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh (IDN Times/Saifullah)

Terkait masjid tersebut, Anne mengatakan fungsinya ke depan bukan hanya akan menjadi tempat ibadah. Pemerintah memproyeksikannya juga sebagai Rumah Tahfidz, Rumah UMKM, Rumah Usaha dan tempat rekreasi untuk mendongkrak ekonomi masyarakat.

"Semoga apa yang direncanakan akan segera terealisasi. Insyaallah pada tahun ini wisata religi di Kabupaten Purwakarta bertambah lagi," ujar Anne kepada Muhammad Yusuf pada kegiatan itu.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya