Aplikasi Anti Bullying Akan Diluncurkan Akhir November 2022

Gubernur minta penanganan kasus bullying tidak tunggu viral

Karawang, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana meluncurkan Aplikasi Anti Bullying dalam waktu dekat. Hal itu disampaikannya saat melaksanakan Siaran Keliling (Sarling) Jabar di SMA Negeri 5 Karawang, Rabu (16/11/2022). 

Aplikasi tersebut diakui masih dalam proses pengembangan lebih lanjut oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat hingga saat ini. Ridwan menargetkan, masyarakat khususnya para pelajar sudah bisa menggunakannya pada akhir November 2022 nanti.

Gubernur berharap aplikasi tersebut mampu menjaga kenyamanan siswa saat belajar di sekolah masing-masing. "Yang utama di sekolah tidak boleh ada bullying,” katanya berpesan kepada para siswa di sekolah tersebut.

1. Penanganan bullying jangan tunggu kasus viral dulu

Aplikasi Anti Bullying Akan Diluncurkan Akhir November 2022Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Ia menjelaskan fungsi dari aplikasi tersebut adalah untuk menampung curahan hati para siswa mengenai tindakan bullying yang dilakukan teman-temannya. Mereka juga bisa menceritakan berbagai permasalahan lain yang dialaminya di sekolah.

Menurut Ridwan, kasus bullying sering kali terjadi karena korban enggan melapor kepada orang lain, termasuk guru dan teman-temannya karena berbagai kendala.”Di aplikasi itu, siswa jadi dapat lapor. Sehingga, kami bisa ambil tindakan. Jangan menunggu viral dulu (baru bertindak),” ujarnya.

2. Para siswa dan orang tua diingatkan bahaya hoaks

Aplikasi Anti Bullying Akan Diluncurkan Akhir November 2022ilustrasi hoax (IDN Times/Sukma Shakti)

Ridwan juga mengajak kepada para orang tua untuk membantu menjadikan sekolah sebagai tempat yang paling aman dan nyaman bagi anak-anak mereka. Selain bullying, ia juga menekankan bahaya kabar bohong atau hoaks.

Untuk menghindari pengaruh hoaks itu, para siswa perlu memahami literasi media. “Yang kedua, tidak boleh ada berita bohong yang biasanya hadir karena daya literasi rendah, main percaya saja, dan lain sebagainya," ujar Gubernur yang akrab disapa Emil itu.

3. Gubernur Jabar dan istri berkunjung ke sejumlah tempat

Aplikasi Anti Bullying Akan Diluncurkan Akhir November 2022Isteri Gubernur Jawa Barat (Jabar), Atalia Praratya Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dalam agenda Sarling Jabar di Kabupaten Karawang, Gubernur didampingi Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana juga meninjau Pasar Johar. Mereka juga bertemu sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat di Pendopo Karawang.

Pada saat bersamaan, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil juga melakukan kunjungan ke sejumlah tempat di Karawang. Ia dikabarkan memantau kegiatan di Posyandu, PAUD hingga mengecek perpustakaan keliling.

Baca Juga: Bukan Mitos, Ular Naga Jawa Ditemukan di Hutan Sanggabuana Karawang

Baca Juga: Bawa Rombongan Pelayat, Angkot Terguling di Karawang Berujung Maut

Baca Juga: Kekerasan Seksual Karawang, Istri Ridwan Kamil Minta Hukuman Setimpal

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya