Startup Groceries Ini Buka 24 Jam Selama Ramadan 2022

Ada juga jaminan barang selalu segar

Bandung, IDN Times - Startup quick commerce lokal Indonesia, BANANAS, beberapa waktu lalu resmi meluncurkan pengalaman berbelanja dengan pendekatan yang lebih jauh terhadap marketnya. Mereka memanfaatkan momentum Ramadan 2022 dengan mengenalkan layanan 24 jam yang dapat dinikmati di tujuh outlet BANANAS di Jakarta (Sudirman, Senayan, Senopati, Kelapa Gading, Sunter, Kuningan, dan Pantai Indah Kapuk).

Founder sekaligus CEO BANANAS, Mario Gaw, mengatakan jika langkah tersebut sesuai dengan tujuan utama perusahaannya yakni menghadirkan kenyamanan maksimal bagi para konsumen. BANANAS sendiri, kata dia, memang berfokus menghadirkan layanan yang menghubungkan konsumen dengan masa depan dalam berbelanja groceries (barang kebutuhan sehari-hari).

BANANAS sejauh ini mengandalkan hub mikro berbasis teknologi yang disebut dark stores dalam menjalankan bisnisnya. Dark stores ditempatkan di berbagai lokasi strategis mendekati area pemukiman yang memungkinkan BANANAS untuk mengantarkan bahan makanan secara instan.

1. Layanan 24 jam bisa mempermudah persiapan buka puasa, takjil, dan sahur

Startup Groceries Ini Buka 24 Jam Selama Ramadan 2022Belanja sayuran (IDN Times/Istimewa)

Mario mengatakan langkah di bulan Ramadan 2022 ini adalah inovasi kesekian kalinya dari BANANAS. Sebelumnya, mereka memang getol membikin campaign dan mengenalkan terobosan unik dalam berbelanja keperluan sehari-hari.

“Inovasi saat ini dilakukan mengingat pertumbuhan bisnis kami semakin cepat dan respons pelanggan kami pun baik. Dengan ditambahnya jam buka outlet BANANAS menjadi 24 jam, kami yakin di bulan Ramadan ini akan mempermudah pelanggan dalam persiapan berbuka puasa, takjil, dan sahur," katanya, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Selasa (12/4/2022).

Sejauh ini, kata Mario, program tersebut mendapat respons yang baik dari konsumennya. “Kami sangat excited sejauh ini dengan respons positif yang kami terima,” tuturnya.

2. Jika produk tidak segar, maka konsumen bisa meminta pengembalian

Startup Groceries Ini Buka 24 Jam Selama Ramadan 2022Bananas startup yang layani kebutuhan sehari-hari (IDN Times/Istimewa)

Tidak hanya inovasi terkait jam operasional, untuk melengkapi kenyamanan konsumen, BANANAS juga menerapkan kebijakan “Always Fresh”, di mana mereka berkomitmen untuk memberikan pilihan produk terbaik buat konsumen.

Jika konsumen mendapati produk yang diterima kurang segar, lanjut Mario, maka konsumen dapat menyampaikan keluhan mereka kepada customer service BANANAS sebagai tahap awal proses pengembalian dana sesuai syarat dan ketentuan yang tertera pada aplikasi mereka.

Kebijakan ini menjadi salah satu pembeda bagi layanan BANANAS dengan perusahaan serupa dalam pasar quick commerce di Indonesia.

3. Mempelajari perilaku konsumen lewat olah data

Startup Groceries Ini Buka 24 Jam Selama Ramadan 2022Petugas mensosialisasikan penggunaan kantong belanja ramah lingkungan di Mall Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (1/7/2020) (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Sementara itu Kristian Sinaulan, Founder dan CTO BANANAS mengatakan, program layanan 24 jam selama Ramadan 2022 dimanfaatkan pula oleh manajemen dalam mengolah data konsumen. Hal itu dilakukan agar BANANAS ke depannya semakin mampu menjawab kebutuhan berbelanja harian.

“Dengan dibukanya layanan 24 jam, kami menjalankan algoritma berbasis data yang lebih kompleks untuk dapat mempelajari perilaku pelanggan sepanjang hari dan memprediksi perilaku pembelian berdasarkan preferensi waktu dan produk," tuturnya.

Di sisi lain, Kristian juga memastikan pengalaman berbelanja terbaik untuk meningkatkan interaksi dan retensi pelanggan melalui UI/UX yang terus diperbaiki.

Baca Juga: Penuh Inovasi, Intip 10 Startup Finalis IDT 2022

Baca Juga: 5 Tips Bangun Karier di Bidang Teknologi dan Startup bagi Perempuan

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Diketahui Pemula Sebelum Mendirikan Startup

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya