Comscore Tracker

Kenali Growth Mindset, Bekal Penting Buat Generasi Muda di Masa Depan

Beswan Djarum angkatan 2022/23 segera digelar

Bandung, IDN Times – Tidak bisa dipungkiri jika generasi muda merupakan cerminan masa depan Indonesia. Maka itu, generasi muda yang kerap disebut sebagai ujung tombak Indonesia di masa mendatang ini mesti dibina dengan baik, meski hal tersebut bukanlah tugas mudah.

Banyak tantangan dalam membina generasi muda untuk menghadapi masa depan. Misalnya, yang kompleks adalah ketika mereka mesti menghadapi perubahan yang serbacepat akibat hadirnya terobosan teknologi, sehingga diharapkan memiliki berbagai keterampilan dalam menghadapi persaingan.

Solusi yang paling tepat agar generasi muda tak lelah dalam mempelajari hal baru ialah growth mindset. Tujuannya, tak lain agar mereka mampu bertahan di tengah kompleksnya permasalahan di masa mendatang.

1. Dengan growth mindset, kita justru mau berubah ketika dikritik

Kenali Growth Mindset, Bekal Penting Buat Generasi Muda di Masa Depandjarumbeasiswaplus.org

Tema growth mindset menjadi bahasan mendalam dari materi Gritty Leadership yang dibawakan Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation Galuh Paskamagma pada pelatihan Leadership Development Beswan Djarum 2021/2022. Galuh menjelaskan, pola pikir berkembang menjadi penting dimiliki generasi muda, agar tak kalah saing di masa mendatang.

Growth mindset, kata dia, berbeda dengan fixed mindset yang hanya bertumpu pada kemampuan dasar dan bakat semata. Dengan pola growth mindset, seseorang mampu lebih berkembang karena senantiasa menambah wawasan dan mau menerima saran serta kritikan dari orang lain.

“Bila orang dengan fixed mindset akan cenderung merasa gagal ketika dikritik serta tidak mau menerima masukan dan perubahan, orang-orang dengan growth mindset justru akan lebih tanggap terhadap perubahan dan permasalahan di sekitarnya.”

“Mereka akan lebih tangguh karena mereka mampu mengatasi berbagai tantangan dan permasalahan yang lebih kompleks,” tutur Galuh, Selasa (22/3/2022).

2. Tumbuhkan jiwa gritty leadership untuk punya pola pikir berkembang

Kenali Growth Mindset, Bekal Penting Buat Generasi Muda di Masa DepanPexels/AndreaPiacquadiofrom

Lewat materi Gritty Leadership, Galuh berharap generasi muda khususnya Beswan Djarum yang menjadi audiensnya, memiliki growth mindset atau pola pikir berkembang supaya tidak mudah menyerah saat menghadapi berbagai perubahan yang dinamis.

“Generasi muda harus mampu mengembangkan growth mindset supaya tidak mudah menyerah dan terus berusaha meraih target sesuai dengan visinya. Salah satu cara menumbuhkan sikap ini ialah dengan menumbuhkan jiwa gritty leadership di dalam diri masing-masing,” jelas Galuh.

Sesuai namanya, gritty leadership adalah jiwa kepemimpinan yang pantang menyerah, tangguh, dan konsisten demi mewujudkan visi yang dicita-citakan. Pola pikir ini bertumpu pada dua elemen utama yakni core value (nilai inti/prinsip utama seseorang), serta core purpose (tujuan utama seseorang).

“Seseorang yang memiliki grit akan terus berusaha dan bekerja keras demi mencapai goals-nya meski banyak hambatan dan kesulitan,” ucap Galuh.

3. Steve Jobs, sosok gritty leadership yang layak dicontoh

Kenali Growth Mindset, Bekal Penting Buat Generasi Muda di Masa DepanFlickr/Matt Buchanan

Penerapan gritty leadership yang ideal bisa dilihat dari sosok Steve Jobs. Pendiri Apple tersebut memiliki visi untuk menciptakan personal computer terbaik di dunia. Melewati halangan dan rintangan, Steve tetap gigih memperjuangkan visinya hingga akhirnya melahirkan produk-produk inovatif dan menjawab kebutuhan masyarakat luas.

Perjuangan Steve Jobs tersebut seharusnya bisa membuat generasi muda khususnya Beswan Djarum mulai menanamkan gritty leadership di dalam diri. Dengan demikian, Beswan Djarum diharapkan mampu memberikan solusi bagi permasalahan di tengah masyarakat.

Pelatihan Leadership Development merupakan satu dari beberapa pelatihan soft skills yang diberikan kepada para penerima program Djarum Beasiswa Plus. Pelatihan ini meliputi Nation Building, Character Building, Competition Challenges, serta International Exposure.

Bakti Pendidikan Djarum Foundation juga akan membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk bergabung sebagai Beswan Djarum angkatan 2022/2023. Pendaftaran bisa dilakukan secara online di website mereka sejak 21 Maret 2022.

Baca Juga: Mengenal Steve Jobs, Fakta-Fakta Kehidupan sang Pendiri Apple

Baca Juga: Kunci Sukses Presdir IBM: Perempuan Harus Punya Growth Mindset!

Baca Juga: Tonton 5 Video dari TED Talk untuk Punya Growth Mindset

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya