Comscore Tracker

Dunia Belum Berakhir, 5 Pekerjaan Menjanjikan Bila Gagal jadi CPNS

Menjadi PNS bukanlah segalanya

Bandung, IDN Times – Bila Anda telah berkali-kali gagal dalam mengikuti rangkaian tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), sebaiknya jangan putus asa. Jika pada tes CPNS kali ini Anda kembali tak lolos, tenang, ada sederet pekerjaan yang bisa bikin karier Anda lebih cemerlang dari seorang PNS.

Dengan menjadi seorang amtenar, memang hidup seseorang terlihat lebih nyaman. Jam kerja yang teratur, tunjangan yang mumpuni, jaminan kesehatan, hingga keuntungan-keuntungan lainnya akan Anda dapatkan dengan menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Tapi, bekerja di perusahaan swasta bukan berarti lebih buruk daripada menjadi amtenar. Tidak sedikit orang yang memilih bekerja di perusahaan swasta memiliki karier lebih cemerlang dibandingkan PNS. Sebelum Anda galau, ini deretan pekerjaan yang diprediksi paling dicari orang di masa mendatang:

1. Ahli data

Dunia Belum Berakhir, 5 Pekerjaan Menjanjikan Bila Gagal jadi CPNSKementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Saat ini, perusahaan mana yang tak memerlukan data? Pendataan dianggap salah satu hal paling penting dalam laju bisnis sebuah perusahaan, yang juga dapat menjadi momok bagi perusahaan pesaing.

Bagaimana tidak, dengan memiliki keahlian dalam mengelola data, seseorang dalam sebuah perusahaan bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa mendatang. Tak hanya itu, dengan data yang lengkap dan pengolahan yang akurat, seseorang dapat membuat laju bisnis sebuah perusahaan makin efektif dan efisien.

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa profesi ahli data hanya cocok digeluti bagi mereka yang punya latar belakang sains dan gemar bermain dengan matematika. Padahal, pada kenyataannya, pekerjaan ini layak digeluti semua orang sesuai dengan keterampilan dan pengetahuannya masing-masing.

2. SEO specialist/content writer

Dunia Belum Berakhir, 5 Pekerjaan Menjanjikan Bila Gagal jadi CPNSindiatoday

Apa yang kamu lakukan jika hendak membeli barang/jasa dari sebuah perusahaan? Tentu, agar tidak menyesal, seringkali kita meninjau penjelasan tentang barang tersebut. Nah, di sanalah content writer bekerja hingga pilihan membeli jatuh di tangan salah satu produk.

Content writer merupakan pekerjaan yang susah-susah gampang. Perlu ketelitian, pemahaman harapan konsumen, dan hal-hal lainnya untuk dapat menggeluti pekerjaan ini. Bekerja sebagai seorang content writer juga memerlukan pemahaman yang mendalam, utamanya soal search engine optimization (SEO).

SEO diperlukan agar mesin pencarian berbasis internet selalu jatuh pada produk yang sebuah perusahaan jual. Mempelajari SEO tidak mungkin dilakukan dalam waktu singkat. Perlu ketelilitan dan ketekunan hingga menjadi seorang content writer dengan pemahaman SEO yang matang.

3. Praktisi kesehatan

Dunia Belum Berakhir, 5 Pekerjaan Menjanjikan Bila Gagal jadi CPNSPexels.com/Vidal Balielo Jr.

Berbicara tentang dunia kesehatan, sebenarnya tidak hanya dokter yang memiliki peran penting dalam bidang tersebut. Ada sederet profesi lain mulai dari perawat hingga ahli laboratorium yang bekerja untuk membantu tugas dokter dalam memulihkan seorang pasien.

Nah, menurut laporan The Future Jobs, lapangan pekerjaan di bidang kesehatan masih akan tetap laris di pasaran. Laporan tersebut menyebut bahwa jumlah populasi manusia yang terus berkembang berbanding lurus dengan kebutuhan akan praktisi kesehatan.

4. Pemasaran digital

Dunia Belum Berakhir, 5 Pekerjaan Menjanjikan Bila Gagal jadi CPNS(Ilustrasi) Pixabay.com/wynpnt

Kembali pada kebutuhan industri 4.0, sejumlah prediksi menyebutkan bahwa di masa mendatang sebuah perusahaan akan sangat membutuhkan peran ahli pemasaran berbasis digital. Bagaimana tidak, pemasaran digital akan bertugas melakukan promosi di berbagai macam media sosial dan turunan-turunannya.

Saat ini, media sosial berperan penting bagi kinerja sebuah perusahaan. Untuk mendapatkan pasar yang lebih tepat, sebuah perusahaan tentu memerlukan ahli pemasaran digital yang dianggap telah tahu betul apa yang konsumen harapkan.

5 Ahli IT

Dunia Belum Berakhir, 5 Pekerjaan Menjanjikan Bila Gagal jadi CPNSunsplash/Helloquence

Ahli teknologi informasi atau akrab dengan nama IT merupakan pekerjaan yang bertanggung jawab mengurus sistem komputerisasi daripada bisnis sebuah perusahaan. Pekerjaan ini dianggap penting karena saat ini hampir setiap perusahaan selalu memerlukan perbaikan dan perawatan dalam hal komputerisasi.

Ahli IT juga biasanya harus memiliki keahlian lain seperti misalnya dalam profesi programmer dan software developer. Pekerjaan ini dipercaya sebagai salah satu pekerjaan paling menjanjikan di masa mendatang

Deretan pekerjaan di atas adalah sedikit dari banyaknya profesi menjanjikan yang bisa Anda tekuni bilamana keinginan menjadi PNS tidak tercapai. Selain lima profesi itu, masih ada banyak pekerjaan lain yang bisa Anda geluti hingga menjadi seorang profesional. Misalnya desainer, ahli lingkungan, akuntan, dan pekerjaan teknik lainnya.

Maka itu, kecewa tentu boleh. Tapi apakah sebenarnya takdir membawa kita lebih sukses dengan tidak diterima sebagai PNS? Anda yang menentukan.

Baca Juga: Daftar Online CPNS 2019, Ini Alur dari Buat Akun Sampai dapat Kartu

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You