Comscore Tracker

5 Cedera Olahraga Paling Mengerikan yang Tertangkap Kamera

Kalau gak sanggup lihatnya, jangan lanjutin baca, deh!

Bandung, IDN Times – Sejatinya olahraga adalah aktivitas yang melibatkan tenaga fisik dan keterampilan di mana seseorang akan bersaing dengan yang lainnya untuk mendapatkan penghargaan. Maka dari itu, dalam kepentingan olahraga, ada saja cedera yang dialami para atletnya.

Nah, dilansir dari Bleacher Report, berikut ini lima cedera paling mengerikan yang tersorot kamera dan membuat semua orang tak sanggup melihatnya. Apa saja? Siapkan mentalmu!

Disclaimer: Gambar di bawah mungkin akan mengganggumu. Sebaiknya kamu gak melanjutkan membaca jika memang tidak siap dengan foto-foto yang mengerikan.

1. Ketika tenggorokan Clint Malarchuk bolong

5 Cedera Olahraga Paling Mengerikan yang Tertangkap KameraCedera parah (Bleacher Report)

Di tengah pertandingan hoki yang disiarkan televisi di Amerika Serikat pada 1989, penjaga gawang Buffalo Sabres, Clint Malarchuk, bertabarakan dengan lawannya. Kejadian itu membuat pembuluh darah lehernya terputus, menciptakan lubang di tenggorokannya, dan darahnya berceceran sangat banyak.

"Saya pikir saya akan mati dalam dua atau tiga menit,” ujar Clint, mengingat kembali apa yang pernah terjadi padanya. “Hal pertama yang saya pikirkan adalah segera keluar dari lapangan, karena ibu saya sedang menonton di TV di Kanada,” ujarnya.

"Aku tidak ingin dia melihat itu, melihat putranya mati di atas es,” tuturnya, meski akhirnya ia berhasil diselamatkan oleh tim medis.

2. Kaki Napoleon McCallum patah di tengah tontongan jutaan orang

5 Cedera Olahraga Paling Mengerikan yang Tertangkap KameraKaki McCallum cedera parah (Bleacher Report)

Napoleon McCallum boleh dibilang tengah naik daun ketika itu, tahun 1994. Peristiwa cedera terparah dalam sejarah NFL, Liga Football Amerika, itu terjadi ketika McCallum tengah membela timnya di putaran play-off.

Awalnya ia hanya mendapat tekel keres. Namun, setelah tekel itu, McCallum tertimpa Ken Norton dan melipat kakinya tanpa disengaja. Peristiwa itu terekam kamera siaran langsung dan disaksikan oleh jutaan penonton di sana.

Dia menderita robekan pada semua ligamen lutut utamanya, otot betis dan hamstringnya robek dari tulang, dan saraf serta arterinya rusak. Pada awalnya, dia mengira itu bisa menjadi cedera yang suatu hari nanti dia bisa dipulihkan,  sampai dokter mengatakan kepadanya bahwa kakinya mungkin harus diamputasi.

Sejak saat itu McCallum tak pernah bermain football Amerika lagi.  Enam operasi dan terapi fisik ekstensif telah memungkinkan dia untuk hidup normal. Kabar terakhir, ia masih bisa berenang, berlari, dan bermain olahraga, meskipun semua itu dilakukan dengan sangat hati-hati.

3. Ketika wajah John Terry disepak lawannya

5 Cedera Olahraga Paling Mengerikan yang Tertangkap KameraWajah John Terry Chelsea cedera (Bleacher Report)

Ketika tengah melakoni final Leage Cup 2007 melawan Arsenal, kapten Chelsea John Terry mendapatkan satu tendangan terburuk di sepanjang kariernya, yakni mengarah ke wajahnya. Tendangan itu dilakukan tanpa sengaja oleh Abou Diaby.

Terry tentu diganti setelah mengalami peristiwa itu. Tanpa pikir panjang teman-temannya meminta pertolongan medis karena melihat Terry menelan lidahnya dan berhenti bernafas. Cederanya begitu serius sehingga ia sempat dirawat selama lima menit di tengah lapangan, sebelum akhirnya ditandu ke luar lapangan.

Beruntungnya, proses sembuh Terry terbilang cepat. Hanya perlu beberapa waktu, ia dapat kembali lagi bersama tim untuk merayakan kemenangannya. Ya, hari itu Chelsea berhasil mengalahkan Arsenal dengan skor 2-1.

4. Wajah Jessica Dube terpukul sepatu ice skating

5 Cedera Olahraga Paling Mengerikan yang Tertangkap KameraWajah Jessice Dube cedera (Bleacher Report)

Ketika melakoni putaran ketiga untuk Kejuaraan Empat Benua di Colorado Springs, atlet ice skating asal Kanada, Jessica Dube tampak percaya diri. Namun yang terjadi justru sebaliknya.

Ketika melakukan putaran unta berdampingan, di kaki mereka berbentuk horisontal dan saling melompat satu sama lain, kaki Davison malah mengarah ke wajah Jessica. Ya, wajah Jessica dan bilah sepatu ice skating beradu dengan sangat kencang.

Jessica kemudian jatuh sambil menutupi wajahnya, dan darah berceceran di lapangan es. Tim medis dengan cepat menandunya, dan membawanya ke Memorial Hospital.

Dia menjalani operasi malam itu, menerima 83 jahitan untuk memperbaiki luka robek di pipi kiri dan hidungnya. Matanya tidak terpengaruh dan tidak ada yang patah. Jessica juga Davison kemudian dirawat karena gangguan stres pasca-trauma, tetapi pada Maret 2007 mereka kembali berkompetisi bersama.

5. Ketika Allen Ray hampir kehilangan mata

5 Cedera Olahraga Paling Mengerikan yang Tertangkap KameraWajah Allen Ray cedera (Bleacher Report)

Peristiwa cedera yang juga mengerikan terjadi di liga antar-universitas di Amerika, NCAA, tepatnya ketika perlombaan mempertemukan dua tim yakni Villanova dan University of Pittsburgh. Di tengah permainan, seorang pebasket Pittsburgh mencoba mencuri bola dari Ray. Namun yang terjadi, tanganya justru tak sengaja mengarah ke mata Ray dan mencoloknya.

Yang mengerikan ialah ketika kita menyadari bahwa peristiwa itu terekam kamera siaran langsung sekaligus sorotan jurnalis foto. Mata Ray terlihat hampir keluar dari rongganya. Kelopak matanya berada di belakang matanya, yang membuatnya tampak seolah-olah matanya terlepas.

Ketika cedera terjadi, Ray kehilangan penglihatannya untuk waktu yang singkat. Dia bisa mendapatkan penglihatannya kembali dan membuat pemulihan penuh. Lukanya tampak serius, tapi dia hanya mengalami kerusakan jaringan lunak.

Itulah lima cedera mengerikan yang tertangkap kamera dan ditonton jutaan orang. Bagaimana? Kamu harus lebih hati-hati ya dalam berolahraga.

Baca Juga: Cegah Cedera, Ini 5 Tips Gowes Menanjak Bagi Pemula

Baca Juga: Aksi Ajaib Atlet Jepang Terjang Greysia/Apriyani dengan Kaki Cedera

Baca Juga: Sering Terjadi pada Olahragawan, Apa Itu Cedera Hamstring?

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya