Comscore Tracker

4 Rekomendasi Wisata River Tubing di Jabar yang Ramah di Kantong

Objek wisata ini juga ramah untuk anak-anak

Bandung, IDN Times - Para pecinta objek wisata air tentu pernah mencoba river tubing. Beberapa tempat di Jawa Barat (Jabar) kini sudah mulai menghadirkan objek wisata yang kegiatannya persis arung jeram itu.

Pada konsepnya, objek wisata river tubing sendiri merupakan salah satu jenis olahraga air yang hampir sama dengan arung jeram. Bedanya, arung jeram dilakukan dengan cara berkelompok di atas perahu karet di aliran sungai yang mengalir deras.

Sedangkan, river tubing dilakukan dengan naik ban masing-masing mengikuti aliran sungai yang tenang dan lebih rileks. Oleh karena itu river tubing dinilai lebih aman, tapi sensasinya tidak kalah asyik dengan arung jeram.

Berikut 4 rekomendasi wisata river tubing di Jabar yang ramah di kantong:

1. Sungai Cikuluwung Bogor

4 Rekomendasi Wisata River Tubing di Jabar yang Ramah di KantongCurug CIkuluwung (instagram.com/hadjukemal)

Sungai Cikuluwung Bogor ada di Kopi Tubing, lokasi persisnya di Jalan Gunung Menir, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Objek wisata ini cukup unik karena ada paket river tubing untuk anak-anak.

Harga yang ditawarkan untuk anak-anak cukup murah, Rp55 ribu per orang. Sedangkan untuk orang dewasa, river tubing Adventure Ride harganya berkisar Rp127.000 per orang untuk minimal enam orang peserta.

Jalur river tubing dengan sajian keasrian alam Bogor akan berjarak sekitar 800 meter hingga satu kilometer. Bagi wisatawan yang hendak menjejal pengalaman seru di objek wisata ini, ada baiknya melakukan reservasi minimal tiga hari sebelum kegiatan. Hal itu dilakukan agar jalur river tubing aman.

Keunikan lain di tempat ini yaitu, para wisatawan bisa langsung 'recharge' dengan memesan kopi dan aneka kuliner yang disajikan oleh pengelola Kopi Tubing.

2. Sungai Ciherang Purwakarta

4 Rekomendasi Wisata River Tubing di Jabar yang Ramah di KantongCurug Ciherang (instagram.com/ridwan_taufik)

Berikutnya adalah Sungai Ciherang, tepatnya di Kampung Tanjaknangsi, Desa Raharja, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. Spot wisata ini bisa juga tergolong sangat dekat dari objek wisata lain di Lembang.

River tubing di Sungai Ciherang bisa memakan waktu sekitar 2,5 jam dengan jalur penelusuran sepanjang 4,5 kilometer. Pemandu juga akan memberikan arahan bagi wisatawan yang hendak menjajal river tubing ini.

Untuk merasakan sensasi dataran tinggi Purwakarta di Sungai Ciherang, wisatawan bisa merogoh kocek sekitar Rp120.000. Di sana juga tersedia penginapan dan tempat menyantap sate maranggi yang menjadi kuliner khas Purwakarta.

3. Sungai Santirah Pangandaran

4 Rekomendasi Wisata River Tubing di Jabar yang Ramah di KantongInstagram/santirah_seru

Pangandaran tidak pernah habis dengan objek wisata alamnya, salah satunya ialah Sungai Santirah yang bakal membuat kamu terhipnotis dengan pemandangan relief kars dan sungai berwarna hijau yang menambah sensasi kesegaran.

Akses menuju Santirah hanya 13 kilometer dari pusat kota Pangandaran dengan taksiran 35 menit perjalanan. Lokasi tepatnya terletak di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Objek wisata Sungai Santirah bisa dilalui memakai kendaraan pribadi dan mobil umum dari Pangandaran jurusan Parigi dengan mengocek uang sekitar Rp20 ribu.

Untuk harga river tubing sendiri berkisar dari Rp100.000 hingga Rp135.000 per orang dengan rombongan minimal 10 orang. Harga tersebut sudah termasuk pemandu, tiket wisata, parkir, peralatan river tubing, asuransi, makan nasi liwet, dan dokumentasi.

4. Wisata Sindangkasih Garut

4 Rekomendasi Wisata River Tubing di Jabar yang Ramah di Kantongpesona Desa Wisata Sindangkasih-Garut (instagram.com/kang_ndang_mc)

Terakhir adalah Wisata Sindangkasih Garut. Wahana river tubing di lokasi ini juga dibagi menjadi dua kategori.

Untuk orang dewasa, mereka akan dibawa meyusuri sungai sepanjang 750 meter sementara anak-anak akan dibawa melintasi tre sepanjang 500 meter. Harga river tubing untuk orang dewasa Rp35.000, dan Rp20.000 per anak.

Desa Wisata Sindangkasih berlokasi di Jalan Garut-Tasik kilometer (km) 16, Desa Sukamaju, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jam operasionalnya adalah setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB.

Baca Juga: Jabar Punya Perda Desa Wisata, RK: Wisata Outdoor Bisa Jadi Primadona

Baca Juga: Jadi Alternatif Liburan Keluarga, Intip 4 Wisata Prasejarah di Jabar

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya