Comscore Tracker

Tampil Beda, Uncle Smokehouse Bandung Tawarkan Smoke Brisket Nasgor

Sensasi makan nasgor dengan daging brisket Australia

Bandung, IDN Times - Menu makanan nasi goreng (nasgor) sangat akrab di lidah masyarakat Indonesia. Biasanya, nasgor dimasak dengan campuran telur, daging ayam, sosis, dan rempah-rempah lokal. Namun, di dapur Uncle Smokehouse Bandung, nasi goreng disajikan secara spesial.

Diberi nama smoke brisket nasgor, Angga Pratama, Chef Uncle Smokehouse Bandung mencoba menyajikan hidangan nasi goreng dengan bumbu lokal dicampur dengan daging steak brisket dari Australia.

Proses pembuatan smoke brisket sendiri tergolong berbeda dari sei yang saat ini masih popular dan banyak diminati masyarakat. Uncle Smokehouse Bandung membuat steak brisket menggunakan tempat pengasapan khusus dengan durasi 18 jam.

1. Harga diklaim ramah di kantong

Tampil Beda, Uncle Smokehouse Bandung Tawarkan Smoke Brisket NasgorMenu nasi goreng smoke brisket Uncle Smokehouse Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Pengasapan 18 jam itu dilakukan agar sari daging (juice) tetap terjaga. Sehingga, jika dibandingkan dengan daging presto atau olahan masakan daging lainnya, smoke brisket akan memberi sensasi yang berbeda.

Dengan daging brisket itu, chef Angga Pratama mencoba menyatukan dengan nasgor bumbu lokal. Penyatuan dua unsur lokal dan western ini dilakukan agar para penikmat nasgor dan olahan daging steak bisa turut menjajal hal baru.

Adapun menu andalan Smokehouse Bandung itu dibanderol dengan harga Rp40.000. "Gak semua cocok pakai daging asap, jadi kami kombinasikan pakai bumbu nasgor. Ini rasa lokal, tapi ada sentuhan daging bakar," ujar Angga, Rabu (6/7/2022).

2. Tidak semua orang bisa membuat smoke brisket

Tampil Beda, Uncle Smokehouse Bandung Tawarkan Smoke Brisket NasgorMenu Uncle Smokehouse Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhair)

Pria lulusan jurusan masak, spesialis daging merah di salah satu kampus di Amerika itu, mengakui bahwa penyajian menu smoeke brisket nasgor tidaklah mudah. Menurutnya, tidak sembaran orang bisa meramu daging smoke brisket. Sebab, ada berbagai macam teknis pengasapan yang berbeda dari pengolahan daging lainnya.

Angga mengaku telah melakukan riset khusus dalam membuat menu itu. Dia bercerita, kegagalan dalam membuat smoke brisket telah dialami beberapa kali. Ia mengungkapkan, sejumlah metode pengasapan telah dicoba sebelum benar-benar menemukan formula yang tepat.

"Jadi alatnya pengasapan berbeda. Kalau yang biasa saja kegagalan 90 persen, tapi kalau pakai tong bahan baja, gak gagal, karena bisa menjaga temperatur panas. Dan rasa juice masih bisa dipertahankan, nutrisinya banyak," ungkapnya.

Dalam satu kali pembuatan daging smoke brisket, Angga mengatakan bahwa ia dan tim memerlukan daging seberat 25 kilogram--yang mesti habis dalam waktu dua pekan.

Adapun daging itu sendiri didatangkan langsung dari Australia. "Kalau daging lokal itu rada keras, dan bisa kurang juice," ucapnya, memberi alasan mengapa harus mengimpor daging.

3. Ada beberapa menu lain yang layak dicoba

Tampil Beda, Uncle Smokehouse Bandung Tawarkan Smoke Brisket NasgorBrisket steak Uncle Steakhouse Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Angga memastikan, menu olahan smoke brisket ini sangat berisiko. Sepengetahuan dia, masih belum banyak restoran yang menyajikan menu tersebut sehingga Smokehouse Bandung menjadi salah satu dari sedikit restoran yang punya menu tersebut.

"Sekarang itu, bermain smoke brisket tinggi risiko kegagalannya. Belum banyak yang bermain di sini, karena resiko sangat tinggi, padahal pamor smoke brisket memang sedang tinggi saat ini," ungkapnya.

Kemudian, selain nasi goreng, Uncle Smokehous Bandung juga menyajikan beberapa menu steak lainnya seperti sirloin steak, semoked brisket steak, hingga tenderlion steak.

Di sisi lain, ada pula berbagai macam menu Eropa uyang ramah di lidah masyarakat Indonesia seperti burger dan pizza.

Untuk menu pizza sendiri ada dua varian yang bisa dicoba, pertama 3 Way Cheese Melts dan Hawaiian Pizza. Harga pizza juga tergolong murah, yaitu Rp90.000.

Kemudian ada juga berbagai minuman termasuk ice kopi susu dan es teh dengan porsi jumbo.

4. Uncle Steakhouse Bandung akan mendekatkan diri dengan berbagai komunitas

Tampil Beda, Uncle Smokehouse Bandung Tawarkan Smoke Brisket NasgorMenu Uncle Smokehouse Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhair)

Sementara itu Co Founder Uncle Smokehouse Bandung, Arief Danar mengatakan bahwa menu yang ada di restorannya ini didominasi oleh olahan daging. Adapun target pasar yang tengah diincar selain untuk umum, yaitu berbagai komunitas sepeda.

Hal itu diincar karena lokasi Uncle Smokehouse Bandung sendiri sangat strategis, berada di Jalan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung.

"Rencananya bakal ada event-event motor. Di sini cocok, tempat luas, sudah banyak tawaran yang mau bekerja sama membuat acara di sini," kata dia.

Baca Juga: Punya Sisa Daging Lebaran? Yuk Buat Daging Sapi Giling Pedas

Baca Juga: 5 Sei Sapi Lezat di Bandung, Rugi kalau Gak Mencobanya!

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya