Comscore Tracker

Bank Muamalat Permudah Masyarakat Menabung untuk Kurban Tahun Depan

Setiap tahun kebutuhan hewan kurban terus bertambah

Bandung, IDN Times, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (Bank Muamalat) meluncurkan Tabungan iB Hijrah Rencana Kurban bertepatan dengan peringatan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah. Tabungan ini nantinya bisa mempermudah masyarakat untuk menunaikan ibadah berkurban setiap tahunnya.

Chief Executive Officer (CEO) PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk, Achmad K. Permana mengatakan, Tabungan iB Hijrah Rencana Kurban diperuntukkan sebagai solusi atas kebutuhan masyarakat yang mempunyai niat untuk menunaikan ibadah kurban dengan mudah dan terencana.

“Kami berharap dengan adanya program tabungan ini, nasabah dapat semakin dimudahkan dalam melaksanakan ibadah kurban melalui Bank Muamalat,” kata Permana di Gedung Zakat Centre BAZNAS, Bandung, Jawa Barat (12/8).

1. Masyarakat yang berkurban setiap tahun terus meningkat

Bank Muamalat Permudah Masyarakat Menabung untuk Kurban Tahun DepanIDN Times/Helmi Shemi

Berdasarkan data Kementerian Pertanian Republik Indonesia, pada tahun 2018 diperkirakan jumlah hewan kurban pada perayaan Idul Adha mencapai lebih dari 1,5 juta atau meningkat sekitar lima persen dari tahun 2017 dengan dana yang beredar sekitar Rp 10 triliun di seluruh Indonesia. Sedangkan menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) kebutuhan hewan kurban tahun 2019 ini diperkirakan akan tumbuh sebanyak 10 persen.

Melihat pertumbuhan ini, lanjut Permana, Bank Muamalat ingin menjadi wadah bagi nasabah untuk menghimpun dana untuk menunaikan ibadah kurban pada hari raya Idul Adha dengan menyediakan program Tabungan iB Hijrah Rencana Kurban tahun ini untuk digunakan tahun depan.

2. Berkolaborasi dengan empat lembaga amil zakat

Bank Muamalat Permudah Masyarakat Menabung untuk Kurban Tahun DepanIDN Times/Debbie Sutrisno

Terkait dengan program Tabungan iB Hijrah Rencana Kurban ini, Bank Muamalat akan berkolaborasi dengan empat Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS), yaitu Baitulmaal Muamalat (BMM), BAZNAS, Daarul Quran dan Rumah Zakat.

Tabungan iB Hijrah Rencana Kurban merupakan bagian dari layanan Tabungan iB Hijrah Muamalat Rencana yang dapat membantu dalam merencanakan dana untuk berkurban. Program ini memiliki setoran rekening yang ringan, mulai dari 100 ribu per bulan dengan jangka waktu beragam sehingga lebih mudah dalam mengatur jangka waktu yang dibutuhkan untuk berkurban.

Selain itu, terdapat fasilitas yang membuat nasabah nyaman seperti fasilitas autodebet setoran bulanan dari rekening sumber dana, dan dana yang akan berpindah buku secara otomatis ketika jatuh tempo.

“Hal ini juga sejalan dengan kampanye #AyoHijrah yang kami canangkan di mana kami ingin menunjukkan bahwa produk bank syariah juga lengkap dan sesuai dengan kebutuhan nasabah, imbuhnya.

3. Fenomena besek yang menjamur pada Idul Adha tahun ini

Bank Muamalat Permudah Masyarakat Menabung untuk Kurban Tahun DepanDok.IDN Times/Istimewa

Dalam kegiatan kurban tahun ini, masyarakat di Indonesia tengah dimeriahkan dengan penggunaan besek atau kantung keresek non-plastik. Penggunaan besek dan wadah lain ini sebelumnya telah disuarakan oleh sejumlah kepala daerah. Hal in pun kemudian melecut para panitia kurban di sejumlah masjid besar khususnya untuk memakai besek.

Panitia pemotongan hewan kurban di Masjid Istiqlal Jakarta misalnya, mereka menggunakan besek dari anyaman bambu sebagai wadah pembungkus daging, untuk menggantikan plastik. Panitia mendatangkan 5.000 besek dari pengrajin di Tasikmalaya Jawa Barat.

Kemudian di Sukabumi, pembagian daging kurban mulai menggunakan pembungkus ramah lingkungan, yakni besek yang terbuat dari anyaman bambu, seperti yang digunakan oleh panitia penyembelihan kurban di Masjid Agung Kota Sukabumi.

"Penggunaan besek anyaman bambu ini untuk mengurangi penggunaan plastik saat pembagian daging hewan kurban, sekaligus untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi sampah plastik," kata Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Kurban Masjid Agung Kota Sukabumi Cecep Mansur dilansir Antara.

Menurutnya, meskipun belum sepenuhnya menggunakan besek dalam pembagian daging hewan kurban dan masih ada yang menggunakan plastik, tetapi minimal langkah yang dilakukan pihaknya ini mulai mengalihkan kebiasaan lama dalam penggunaan plastik.

Diharapkan tahun-tahun berikutnya tidak ada lagi penggunaan plastik dalam pembagian hewan kurban. Dan upaya ini juga harus dicontoh oleh panitia penyembelihan hewan kurban yang ada di tingkat kelurahan dan kecamatan.

Baca Juga: Inilah 7 Penjelasan Soal Mengapa Hewan Kurban Menangis Saat Disembelih

Baca Juga: Ini 5 Resep Gulai Kambing Nikmat untuk Manfaatkan Daging Kurban

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya