Comscore Tracker

Raksasa Jepang Mitsui & Co Suntik Pendanaan Startup Xurya

Pendanaan jadi dukungan pada energi baru terbarukan

Bandung, IDN Times - PT Xurya Daya Indonesia (Xurya), startup penyedia jasa sewa dan instalasi PLTS menerima tambahan pendanaan seri A dari perusahaan raksasa Jepang Mitsui & Co (Mitsui) dan PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA). Suntikan yang mereka terima mencapai 33 juta USD atau setara Rp510 miliar pada 20 Oktober 2022.

Managing Director dan Co-Founder Xurya, Eka Himawan mengapresiasi kepercayaan yang diberikan oleh Mitsui, Surya Semesta Internusa, serta para partner dan pelanggan Xurya.

“Dukungan pendanaan ini akan kami alokasikan untuk perluasan pembangunan PLTS, guna mempercepat transisi energi bersih dan berkelanjutan bagi perusahaan di Indonesia."

"Mitsui dan Surya Semesta Internusa juga merupakan partner strategik Xurya untuk menjangkau perusahaan-perusahaan di Indonesia,” tutur Eka, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Senin (24/10/2022).

Xurya berencana untuk mengalokasikan pendanaan pada ekspansi pembangunan PLTS yang telah mengalami pertumbuhan hingga tiga kali lipat sejak awal 2022.

Selain itu, dana ini juga akan digunakan untuk perkembangan teknologi serta menambah sumber daya manusia untuk mendongkrak kinerja perusahaan dalam akselerasi implementasi energi terbarukan untuk energi bersih dan berkelanjutan di Indonesia.

Apalagi, kata Eka, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menargetkan bauran energi baru dan terbarukan mencapai 23 persen di tahun 2025.

1. Mitsui komit untuk dukung pengurangan dampak lingkungan

Raksasa Jepang Mitsui & Co Suntik Pendanaan Startup XuryaRaksasa Jepang Mitsui & Co Suntik Pendanaan Startup Xurya (IDN Times/Istimewa)

Hiromu Kayamori, GM Divisi Bisnis Hilir Baru. Mitsui & Co., Ltd., mengatakan bahwa perusahaannya memang berkomitmen untuk mengembangkan dan mempromosikan teknologi dan bisnis baru yang mengurangi dampak lingkungan secara global.

“Kami bertujuan untuk berkontribusi pada pertumbuhan Xurya dan dekarbonisasi Indonesia dengan memanfaatkan keahlian kami yang dikembangkan di seluruh dunia dan jaringan kami yang luas di Indonesia,” ujarnya, dalam siaran pers yang sama.

Sebelum menerima pendanaan dari perusahaan raksasa Jepang ini, Xurya sempat menampung pendanaan seri A berjumlah 21,5 juta USD pada Desember 2021 dari East Ventures (growth fund), Saratoga, Schneider Electric, dan New Energy Nexus.

Dengan adanya tambahan pendanaan itu, saat ini total pendanaan pada Xurya mencapai 33 juta USD atau setara Rp 501 milliar.

2. Xurya telah operasikan PLTS Atap untuk lebih dari 60 perusahaan

Raksasa Jepang Mitsui & Co Suntik Pendanaan Startup Xuryailustrasi PLTS (IDN Times/Istimewa)

Mulanya, Xurya menerima modal awal dari SEACEF (dana yang dikelola oleh Clime Capital) yang didedikasikan untuk mempersiapkan bisnis energi bersih mendapatkan investasi skala besar.

Hingga penghujung September 2022, bisnis Xurya telah berkembang pesat dan kini telah mengoperasikan PLTS Atap di lebih dari 60 perusahaan. Di sisi lain, saat ini pun mereka sedang melakukan pemasangan unit yang sama untuk 40 perusahaan lainnya.

Presiden Direktur PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA), Johannes Suriadjaja mengungkapkan jika pendanaan ini merupakan bentuk dukungan perusahaannya untuk mempercepat pemanfaatan energi baru terbarukan melalui instalasi PLTS Atap, salah satunya di kawasan industri.

“Sekaligus komitmen kami dalam menciptakan kawasan industri yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia,” kata Johannes.

3. Mengenal startup Xurya

Raksasa Jepang Mitsui & Co Suntik Pendanaan Startup XuryaPetugas melakukan perawatan panel surya pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Rabu (21/9/2022). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/nym

Xurya merupakan startup yang didirikan pada 2018, denga misi menjadi pemimpin dalam hal pengembangan teknologi dan solusi energi bersih dan berkelanjutan. Xurya membantu perusahaan di Indonesia untuk menggunakan energi surya tanpa investasi apapun, dengan memberikan nilai tambah bagi pemilik bangunan komersial dan industri (C&I).

Bantuan yang diberikan Xurya mulai dari studi kelayakan investasi, instalasi, pengoperasian dan perawatan secara berkala dengan menyediakan skema sewa bagi pemilik bangunan untuk menikmati penghematan listrik tanpa investasi.

Tak hanya itu, Xurya juga berkomitmen untuk memanfaatkan energi secara bijak dan melaksanakan aktivitas operasional perusahaan secara bertanggung jawab demi kelestarian lingkungan.

Baca Juga: Kebijakan Instalasi PLTS Atap di Sektor Rumah Tangga, Jalan Baik?

Baca Juga: Ridwan Kamil Minta Pabrik di Jabar Mau Pakai PLTS Atap

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya