Warga Kota Bandung Turut Berduka Atas Wafatnya BJ Habibie

Pemkot Bandung ajak warga kibarkan bendera setengah tiang

Bandung, IDN Times - Bangsa Indonesia kembali berduka. Presiden ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, pada pukul 18.05 WIB, Rabu(11/9).

Kepergian putra bangsa yang dikenang sebagai seorang ilmuwan sekaligus negarawan ini membuat segenap jajaran Pemerintah Kota Bandung berbela sungkawa.

Kepala Bagian Humas Setda Kota Bandung Sony Teguh Prasatya mengungkapkan, Kota Bandung memiliki hubungan erat dengan BJ Habibie. Kontribusinya dalam membangun Industri Pesawat Terbang Nurtanio (IPTN), kini PT Dirgantara Indonesia (PT DI) di Kota Bandung merupakan sejarah besar yang tak terlupakan.

"Apalagi Wali Kota Bandung, Pak Oded, pernah satu korps dengan Pak Habibie. Kehadiran beliau menorehkan sejarah tersendiri di Kota Bandung," ungkapnya di Balai Kota Bandung, Rabu (11/9).

Karena itu, Kota Bandung turut kehilangan Habibie. Sony meminta seluruh warga Kota Bandung mendoakan pria yang telah menorehkan tinta emasnya di bidang dirgantara Indonesia itu.

"Kami segenap jajaran Pemerintah Kota Bandung turut berbela sungkawa. Mari kita doakan beliau agar diampuni segala kekhilafannya, dan diterima seluruh kebaikannya sebagai amal shalih," ucap Sony.

Ia pun mengimbau seluruh instansi pemerintah dan juga seluruh warga agar mengibarkan bendera setengah tiang selama tiga hari. Hal itu sejalan dengan amanat Undang-undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan Pasal 12.

"Pak Mensesneg, juga telah menyampaikan surat dan menyatakan hari berkabung nasional. Melalui surat itu mengimbau kita semua untuk mengibarkan bendera setengah tiang sampai tanggal 14 September 2019. Sebagai bentuk penghormatan kepada Pak Habibie, kita akan segera melaksanakan itu," jelasnya.

Baca Juga: BJ Habibie Wafat, PT DI Kehilangan Founding Father 

Baca Juga: Selain CN-250, Ini Kontribusi Besar BJ Habibie di Industri Penerbangan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya