Tertutup Longsor, Akses Jalan di Desa Sugihmukti Kembali Normal

Geo Dipa bantu buka jalan untuk 7.500 KK di daerah tersebut

Bandung, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur kawasan Kabupaten Bandung pada Senin(6/6/2022), mengakibatkan longsor yang menutup akses jalan bagi 7.500 kepala keluarga di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung.

Sebagai aksi cepat penanggulangan bencana, PT Geo Dipa Energi (Persero) langsung bergerak melakukan penangan longsor dengan menurunkan sejumlah alat berat untuk membersihkan material longsor. Upaya itu merupakan bagian dari Kepedulian GeoDipa guna memenuhi kebutuhan dasar masyarakat sekitar wilayah operasional Perusahaan.

1. Bantu pulihkan kembali perekonomian warga

Tertutup Longsor, Akses Jalan di Desa Sugihmukti Kembali NormalIDN Times/Istimewa

General Manager GeoDipa Unit Patuha, Ilen Kardani menjelaskan, penanggulangan jalan longsor itu dilakukan, mengingat akses jalan tersebut sangat  dibutuhkan masyarakat Perkebunan di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung. Perbaikan jalan tersebut dipastikan akan bermanfaat sebagai akses yang dibutuhkan oleh sekitar 7.500 Kepala Keluarga.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin maju bersama masyarakat sekitar dari segi ekonomi. Oleh karena itu kami berusaha memenuhi kebutuhan dari hal yang mendasar, yaitu jalan akses untuk kegiatan perekonomian masyarakat,” ujar Ilen.

2. Lebih dari 15 kilometer melakukan perbaikan jalan di wilayah kerja

Tertutup Longsor, Akses Jalan di Desa Sugihmukti Kembali NormalIDN Times/Istimewa

Penanganan jalan longsor ini juga merupakan program berkelanjutan dari program serupa pada tahun sebelumnya. GeoDipa sendiri telah melakukan perbaikan jalan sepanjang 10 KM di tahun 2015.

kemudian pembetonan jalan total sepanjang 3 KM di tahun 2016, 2017 dan 2018 yang berada di Desa Alamendah dan Desa Sugihmukti, serta perbaikan Tembok Penahan Tanah pada tahun 2020 dan 2021.

3. Perbaikan jalan dan drainase dilakukan secara padat karya

Tertutup Longsor, Akses Jalan di Desa Sugihmukti Kembali NormalIDN Times/Istimewa

Selain itu juga dilakukan perawatan median jalan dan drainase secara rutin melalui Program Padat Karya untuk memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat sekitar secara bergilir serta bersama pihak-pihak terkait secara rutih telah melakukan kegiatan penanaman Pohon di kawasan rawan longsor dengan harapan kejadian serupa tidak terulang di masa mendatang. 

Menurut Ilen, kegiatan ini merupakan langkah nyata kepedulian GeoDipa dalam peningkatan ekonomi serta produktifitas masyarakat. Melalui upaya ini diharapkan memberikan perbaikan kualitas hidup masyarakat untuk saat ini dan generasi mendatang.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya