Sahabat RK Muncul di Banjarnegara, Dukung Ridwan Kamil Maju di Pilpres 2024

Dukungan muncul dari masyarakat petani

Bandung, IDN Times - Dukungan terhadap Ridwan Kamil agar maju dalam Pemilu Presiden 2024 semakin meluas. Kali ini, giliran warga Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah yang meminta agar gubernur Jawa Barat itu maju dalam di Pilpres, di Lapangan Desa Brengkok, Kecamatan Susukan, Banjarnegara, Kamis(25/3/2022).

Para relawan ini tergabung ke dalam Sahabat RK Banjarnegara.

Ketua Sahabat RK Banjarnegara, Zaenal Arifin, menjelaskan, mayoritas relawan merupakan petani di masing-masing daerahnya.

Bahkan, di antara mereka pun terdapat 10 mantan kepala desa. Menurut Zaenal, dukungan terhadap mantan wali kota Bandung itu diberikan dengan harapan mampu memperbaiki pertanian dalam negeri ketika kelak terpilih.

"Ridwan Kamil memiliki komitmen yang tinggi dalam merevitalisasi pertanian dalam negeri. Hal ini, terbukti dari sejumlah program pertanian yang dianggap berpihak kepada petani lokal," kata Zaenal.

1. Miliki program kelompok petani millennial

Sahabat RK Muncul di Banjarnegara, Dukung Ridwan Kamil Maju di Pilpres 2024IDN Times/Istimewa

Sebagai contoh, dia memuji Emil memiliki kepedulian terhadap regenerasi petani lokal.

"Ini terbukti dengan adanya program petani milenial. Menurut kami, ini langkah tepat agar tidak ada pemuda-pemuda kita yang enggan menjadi petani," ujar dia.

Dia khawatir dengan jumlah petani yang saat ini terus berkurang. "Kalau tidak dipikirkan, siapa nanti yang mau jadi petani?" tanya dia.

2. Permudah bantuan modal dari perbankan

Sahabat RK Muncul di Banjarnegara, Dukung Ridwan Kamil Maju di Pilpres 2024IDN Times/Istimewa

Tak hanya itu, dia pun memuji komitmen Emil terhadap pertanian karena memberi akses petani terhadap permodalan perbankan. "Yang kami tahu, petani di Jabar diberi modal dari bank," katanya.

Oleh karena itu, dia berharap program serupa bisa diterapkan di semua daerah jika Emil terpilih. "Makanya kami mendukung Kang Emil maju dalam pilpres 2024," ujarnya mantan kepala desa Kaliajir periode 2012-2018 itu.

3. Kecewa terhadap calon kandidat lain

Sahabat RK Muncul di Banjarnegara, Dukung Ridwan Kamil Maju di Pilpres 2024IDN Times/Istimewa

Pada sisi lain, pilihan mereka kepada Emil pun tidak terlepas dari kekecewaan mereka terhadap Ganjar Pranowo. Menurut Ketua DPP Sahabat RK, Muhamad Nurman, gubernur Jawa Tengah itu tidak memberikan kemudahan bagi petani.

Ini terlihat dari keluhan-keluhan yang disampaikan relawan tersebut. "Mereka kecewa dengan gubernur Jawa Tengah. Mereka petani, mereka dapat kartu tani, tetapi susah untuk mendapatkan pupuk," ujarnya.

Selain itu, pemberian pupuk dilakukan secara tidak merata. "Lalu menurut mereka, Ganjar juga tidak pernah merespons keluhan mereka," katanya.

Lebih lanjut dia katakan, jumlah relawan pendukung Ridwan Kamil di Jawa Tengah akan terus bertambah. "Ini terlihat dari permintaan di Jawa Tengah yang ternyata banyak. Jadi kami akan deklarasikan di tempat-tempat lain, sesuai permintaan masyarakat," katanya.

Baca Juga: Relawan RidwanKamilKita Bekasi Dukung Ridwan Kamil Maju Capres 2024

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya