Percepat DSE dan PTSL, Itenas-BPN Upgrade SDM 60 Pegawai Kanwil Jabar

Pegawai mampu memahami akusisi dan pengolahan foto udara

Bandung, IDN Times - Sebanyak 60 pegawai dari Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kanwil Provinsi Jawa Barat mengikuti pelatihan akusisi-pengolahan foto udara, citra satelit dan Sistem Informasi Geografis (SIG).

Kegiatan ini dilakukan Program Studi Teknik Geodesi, Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung melalui kegiatan Matching Fund Kedaireka bekerja sama dengan BPN Kanwil Provinsi Jawa Barat.

Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Dr. Soni Darmawan mengatakan, pelatihan ini hasil kerja sama antara Itenas dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kanwil Provinsi Jawa Barat dalam mengimplementasikan kegiatan Matching Fund Kedaireka.

"Kegiatan ini untuk mempercepat data siap elektrornik (DSE) dan mempercepat pendaftaran tanah sistematik lengkap (PTSL) di Provinsi Jawa Barat," ucap Soni, dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Selasa (18/10/2022).

1. Buka kelas karyawan dan siap tingkatkan SDM BPN

Percepat DSE dan PTSL, Itenas-BPN Upgrade SDM 60 Pegawai Kanwil JabarIDN Times/Istimewa

Dr. Soni mengatakan, kedepanya di Itenas ada kelas karyawan yang bisa di ikuti oleh staf BPN. Dan untuk lebih meningkatkan SDM kanwil BPN Itenas siap melasanakan pelatihan secara reguler.

Dia menyebutkan, untuk pelatihan yang diikuti 60 karyawan BPN dari Jabar ini berlangsung di Hotel Arya Duta dan dilaksanakan selama dua hari. Selain mendapatkan modul dan data pelatihan, peserta pun diberikan sertifikat dan souvenir bagi peserta yang aktif dan berprestasi.

2. SDM BPN harus mampu memahami akusisi dan pengolahan foto udara

Percepat DSE dan PTSL, Itenas-BPN Upgrade SDM 60 Pegawai Kanwil JabarIDN Times/Istimewa

Sementara itu, Kepala Bidang Survei Pemetaan Kanwil Provinsi Jawa Barat, Hesekiel Sijabat menyambut baik pelatihan ini. Dirinya berharap SDM di tempatnya bisa lebih memahami akusisi dan pengolahan foto udara dan citra satelit.

"Karena hal ini sesuai dengan instruksi dirjen Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang ATR/BPN pusat bahwa data foto udara dan citra satelit sangat membantu untuk peta kerja proses pendaftaran tanah di Indonesia," katanya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya