Penyidik Senior KPK Novel Baswedan Pimpin OTT Menteri Edhy Prabowo 

Edhy Prabowo ditangkap bersama istri di Bandara Soetta

Bandung, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Edhy Prabowo di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Rabu(25/11/2020), dini hari. 

Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Edhy Prabowo itu dipimpin langsung salah satu penyidik senior KPK Novel Baswedan. Edhy Prabowo ditangkap bersama sejumlah orang termasuk istrinya Iis Rosita Dewi sepulang dari Amerika Serikat.

Belum ada keterangan resmi dari KPK, kasus apa yang menjerat Edhy Prabowo. Namun, diduga penangkapan Edhy diduga terkait izin ekspor benih lobster.

 “Yang bersangkutan diduga terlibat korupsi dalam penetapan izin export baby lobster,” kata Ketua KPK Firli Bahuri saat dikonfirmasi, Rabu (25/11/2020).

1. Ditangkap KPK di Bandara Soetta setiba dari Amerika Serikat

Penyidik Senior KPK Novel Baswedan Pimpin OTT Menteri Edhy Prabowo Menteri KKP Edhy Prabowo bersama Susi Pudjiastuti (Dok. KKP)

Operasi tangkap tangan (OTT) KPK terhadap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo bersama istrinya, Iis Rosita Dewi serta sejumlah orang itu dilakukan di Bandara Internasional Bandara Soekarno Hatta, Rabu (25/11/2020) dini hari. Rombongan baru kembali dari Amerika Serikat. 

Sumber IDN Times dari internal KPK yang enggan disebutkan namanya menyebutkan, Edhy Prabowo ditangkap bersama sejumlah orang. Bahkan, saat ditangkap ada Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin di dalam pesawat yang ditumpangi Edhy.

"Begitu tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Edhy beserta istri dan beberapa rombongan yang ikut ke Amerika langsung ditangkap KPK dan dibawa ke gedung KPK," katanya kepada IDN Times, Rabu (25/11/2020).

2. OTT Edhy Prabowo dipimpin langsung penyidik senior KPK Novel Baswedan

Penyidik Senior KPK Novel Baswedan Pimpin OTT Menteri Edhy Prabowo Penyidik KPK Novel Baswedan (tengah) selaku korban menjadi saksi dalam sidang lanjutan kasus penyiraman air keras terhadap dirinya dengan terdakwa Ronny Bugis dan Rahmat Kadir Mahulette di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jakarta, Kamis (30/4/2020) (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Dia melanjutkan, dalam OTT KPK ini juga dipimpin langsung oleh salah satu penyidik senior KPK Novel Baswedan. Setelah ditangkap di Bandara Soetta, Edhy Prabowo langsung di bawa ke Gedung KPK untuk diperiksa."

Sesampai di KPK, langsung diperiksa. Di dalam Gedung KPK sendiri terlihat ada Novel Baswedan, penyidik senior KPK salah satu yang memimpin kegiatan itu," ungkapnya.

3. Edhy Prabowo langsung jalani pemeriksaan di Gedung KPK

Penyidik Senior KPK Novel Baswedan Pimpin OTT Menteri Edhy Prabowo Ketua KPK, Firli Bahuri (Dok. Humas KPK)

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, penangkapan Edhy diduga terkait izin ekspor benih lobster. Namun, keterangan resmi akan disampaikan lembaga antirasuah setelah proses pemeriksaan selesai.

“Yang bersangkutan diduga terlibat korupsi dalam penetapan izin export baby lobster. Nanti akan disampaikan penjelasan resmi KPK. Mohon beri kami waktu, tim kedeputian penindakan bekerja dulu,” kata Ketua KPK Firli Bahuri saat dikonfirmasi, Rabu (25/11/2020).

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya