Comscore Tracker

Nelayan Halmahera Utara Dukung Ridwan Kamil Maju di Pilpres 2024

Berharap pemimpin selanjutnya mampu memperhatikan nasib nelayan

Bandung, IDN Times - Sejumlah nelayan di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara mendorong Ridwan Kamil (Emil) agar maju dalam Pemilu Presiden 2024. Belasan pelaut di Kecamatan Kao Utara mendeklarasikan dukungan untuk gubernur Jawa Barat tersebut, Jumat (25/3).

Koordinator Kelompok Nelayan Teluk Kao Halmahera Utara for Ridwan Kamil, Abdul Rivai Ismail berharap Emil bisa terpilih dalam pilpres 2024. Dia menilai mantan wali kota Bandung itu memiliki kepedulian terhadap revitalisasi nelayan dan perikanan.

"Betul kami hanya tahu dari berita-berita, tapi kami ingin seperti di Jawa Barat yang banyak program-program pemerintah yang memerhatikan kami para nelayan," katanya.

1. Butuh perhatian pemerintah khusus untuk nelayan

Nelayan Halmahera Utara Dukung Ridwan Kamil Maju di Pilpres 2024

Dia mengakui, sangat mengharapkan perhatian pemerintah khususnya terkait moderenisasi alat tangkap.

Selama ini, Rivai menyebut pihaknya melaut dengan ketersediaan alat tangkap yang tradisional. Pada sisi lain, menurutnya banyak kapal dari luar Maluku Utara yang memiliki peralatan lebih baik yang juga mengambil ikan di wilayahnya.

"Kalau terus dibiarkan, kami nelayan-nelayan tradisional bisa semakin tersisihkan," katanya.

2. Masih banyak nelayan yang alami kesulitan di daerah

Nelayan Halmahera Utara Dukung Ridwan Kamil Maju di Pilpres 2024Ilustrasi kapal-kapal nelayan. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Selain itu, dia merasa semakin dirugikan dengan persoalan bahan bakar. Bahkan, ketika berhasil mendapat ikan pun, mereka kesulitan untuk mendistribusikan ke daerah lain.

Oleh karena itu, dia berharap Emil mampu menjadi pemimpinan nasional sehingga bisa memberikan solusi atas persoalan-persoalan yang dihadapi nelayan tradisional.

"Kami yakin Bapak Ridwan Kamil yang memiliki latar belakang keilmuan yang baik, dapat mengembangkan teknologi dunia perikanan," katanya.

3. Miliki fish finder yang bisa terus dikembangkan

Nelayan Halmahera Utara Dukung Ridwan Kamil Maju di Pilpres 2024Ilustrasi. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Untuk diketahui, Emil menyebut Pemerintah Provinsi Jawa Barat memiliki strategi untuk meningkatkan hasil tangkapan nelayan, salah satunya melalui teknologi fish finder. Pengembangan teknologi ini memungkinkan nelayan untuk mencari potensi ikan hanya dengan menggunakan aplikasi tersebut di telepon seluler.

Selain itu, Gubernur Ridwan Kamil pun sudah menandatangani nota kesepahaman dengan salah satu perusahaan untuk menyerap ikan hasil tangkapan nelayan. Dengan begitu, diharapkan nelayan tidak lagi kebingungan untuk menjual ikan tangkapannya.

Baca Juga: Sahabat RK Muncul di Banjarnegara, Dukung Ridwan Kamil Maju di Pilpres 2024

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya