Muhammad Farhan: BLT Rp6,9 Triliun Bukan Solusi Atasi Kelangkaan Minyak Goreng  

Negara tak boleh kalah oleh kartel minyak goreng

Bandung, IDN Times - Pemerintah telah menyiapkan dana segar sebesar Rp6,9 triliun untuk warga miskin di Tanah Air sebagai alokasi Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng.

Dana BLT ini direncanakan untuk diberikan kepada masyarakat dalam mengatasi persoalan minyak goreng yang dijual dengan harga tinggi di pasaran hingga terjadi kelangkaan dan memberatkan warga di tengah sulitnya ekonomi.

Pencairan dana BLT akan dilakukan dalam waktu dekat dengan nominal Rp300 ribu per orang untuk tiga bulan dan ditransfer sekaligus di awal pencairan. Jangan sampai, BLT ini ditranfer kepada mereka yang berpenghasilan menengah.

Anggota Komisi 1 DPR RI dari Fraksi NasDem, Muhammad Farhan menekankan perlu ada kategori khusus daftar penerima BLT minyak goreng ini. Karena, menurutnya, dampak kelangkaan minyak goreng dirasakan oleh mereka yang benar - benar kurang mampu.

"BLT ini program bantuan sementara yang bersifat jangka pendek untuk mengatasi kondisi kedaruratan tertentu, khususnya bagi masyarakat berpengasilan rendah," ujar Farhan dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Rabu 6 April 2022.

1. Pemerintah harus berani berantas mafia minyak goreng

Muhammad Farhan: BLT Rp6,9 Triliun Bukan Solusi Atasi Kelangkaan Minyak Goreng  IDN Times/Istimewa

Pemerintah dinilai harus lebih berani memberantas kelangkaan minyak goreng ini dengan signifikan mulai dari ketersediaan bahan baku hingga pasar. Pasalnya, kelangkaan minyak goreng di tengah pandemik dipastikan semakin menyulitkan masyarakat kurang mampu.

"Kasus kelangkaan yang dilanjutkan dengan lonjakan harga minyak goreng belakangan ini, penyelesaiannya jelas bukan dengan cara membagikan BLT," katanya.

Pemerintah, lanjut Farhan, harus mengubah tata kelola bahan baku minyak goreng. "Masalah minyak goreng harus diselesaikan melalui pembenahan mendasar terhadap tata kelola dan tata niaga minyak goreng dalam negeri agar kasus kelangkaan dan lonjakan harga yang terjadi belakangan ini tidak terulang," katanya.

Bahkan, dengan kelangkaan minyak goreng saat ini keberanian pemerintah sejauhmana memberantas mafia minyak goreng tengah diuji. "Proses hukum terhadap kartel pemain utamanya. Pemerintah jangan hanya menduga adanya kartel dalam kelangkaan minyak goreng, tetapi segera menindak tegas kartel tersebut. Negara tidak boleh kalah terhadap kartel," katanya.

2. Dana BLT Rp300 mulai dibagikan Ramadan

Muhammad Farhan: BLT Rp6,9 Triliun Bukan Solusi Atasi Kelangkaan Minyak Goreng  ilustrasi uang rupiah

Sebelumnya, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Nathan Kacaribu menyatakan penerima BLT minyak goreng akan mendapatkan dana sebesar Rp300 ribu untuk tiga bulan yang dibayarkan sekaligus di awal.

"Jadi pada April ini kita akan bekerja cepat supaya langsung disalurkan, apalagi ini bulan Ramadan supaya rumah tangga bisa tertopang," katanya.

3. 20,5 juta KPM Program Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan sembako bakal menerima BLT

Muhammad Farhan: BLT Rp6,9 Triliun Bukan Solusi Atasi Kelangkaan Minyak Goreng  Ilustrasi masyarakat. (IDN Times/ istimewa)

Dana BLT sebesar Rp6,9 triliun itu akan diberikan kepada 20,5 juta KPM Program Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan sembako. Kemudian sebanyak 2,5 juta pedagang kaki lima (PKL) juga akan menerima bantuan tersebut.Febrio mengatakan, penyaluran BLT minyak goreng untuk KPM PKH dan sembako akan dilakukan dengan mekanisme yang telah ada, yaitu melalui PT POS untuk KPM sembako dan Himbara untuk KPM PKH murni.

Sedangkan penyaluran BLT kepada PKL dilakukan oleh TNI/Polri. Adapun sumber pendanaan penyaluran BLT minyak goreng untuk KPM sembako dan PKH diperkirakan mencapai Rp6,15 triliun. Dana itu berasal dari Kementerian Sosial menggunakan dana yang telah ada.Sedangkan sumber dana BLT minyak goreng untuk PKL diperkirakan mencapai Rp0,75 triliun. Dana tersebut berasal dari cadangan Bendahara Umum Negara (BUN) dan kuasa pemegang anggaranya adalah TNI/Polri.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya