Itenas Bandung Masuk Daftar THE Rangking PTS Terbaik di Indonesia 

Mencapai skor tinggi di pada sasaran SGDs

Bandung, IDN Times - Institut Teknologi Nasional Bandung (Itenas) masuk dalam pemeringkatan internasional ternama Times Higher Education (THE) bersama 12 perguruan tinggi swasta (PTS) lainnya di Indonesia.

Dalam THE Impact Rangking ini ada 32 perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam daftar mereka. Prestasi Itenas Bandung tentunya atas kontribusinya turut mendukung program yang diinisiasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terkait Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/TPB (Sustainable Development Goals/SDGs), yang dibuktikan melalui masuknya Itenas dalam THE Impact Rankings 2023 yang dirilis 1 Juni 2023.

Rektor Itenas Prof. Meilinda Nurbanasari, Ph.D. menyatakan hal tersebut memang sudah menjadi tujuan yang sejalan dengan tugas utama Tridarma Perguruan Tinggi (pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat). Lebih jelasnya lagi, beliau menuturkan bahwa pengajaran yang baik akan melahirkan inovasi-inovasi dan karya ilmiah berkualitas yang ketika dihilirisasi akan menjadi sumbangan perguruan tinggi kepada masyarakat sebagai bagian dari pengabdiannya.

“Hal ini juga bertujuan meningkatkan kualitas proses belajar di Itenas, sehingga para lulusan akan benar-benar qualified dan diterima dengan baik di masyarakat dan dunia kerja baik di skala nasional maupun internasional,” kata Rektor Itenas dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

1. Mencapai skor tinggi di pada sasaran SGDs

Itenas Bandung Masuk Daftar THE Rangking PTS Terbaik di Indonesia IDN Times/Istimewa

Merujuk pada 17 sasaran SDGs, secara spesifik, Itenas mencapai skor yang tinggi pada tujuan SDG ke-4 kualitas pendidikan (education quality), SDG ke-5 kesetaraan gender (gender equality), SDG ke-7 energi bersih dan terjangkau (affordable and clean energy), dan SDG ke-17 kemitraan (partnership for the goals). THE Impact Rankings mengevaluasi kinerja perguruan tinggi menggunakan bidang indikator penelitian, tata layanan, jangkauan, dan pengajaran dalam mendukung 17 SDGs.

THE menggunakan pendekatan research (bagaimana penelitian yang dilakukan memiliki relevansi dengan SDGs yang ada), stewardship (bagaimana tata layanan yang dilakukan perguruan tinggi membantu mewujudkan SDGs tersebut), outreach (bagaimana peran perguruan tinggi kepada masyarakat luas memberikan dampak yang berkelanjutan melalui kegiatan pengabdian), dan teaching (bagaimana pengajaran yang berlangsung dapat menyampaikan nilai-nilai SDGs dengan baik).

2. Melaksanakan kegiatan Tridarma perguruan Tinggi

Itenas Bandung Masuk Daftar THE Rangking PTS Terbaik di Indonesia IDN Times/Humas Itenas Bandung

Berdasarkan kriteria penilaian tersebut, artinya Itenas telah melaksanakan kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi yang sesuai dengan program yang mendukung tercapainya SDGs.

Beberapa kegiatan yang dimaksud antara lain kegiatan pengajaran yang dilakukan tenaga pengajar di Itenas memberikan value yang positif bagi mahasiswa, kegiatan penelitian dan publikasi yang dihasilkan civitas akademika Itenas memberikan dampak bagi kemajuan bangsa, serta kegiatan pengabdian langsung ke lapangan yang dampaknya dirasakan masyarakat.

3. Terus tingkatkan kualitas pendidikan di Indonesi

Itenas Bandung Masuk Daftar THE Rangking PTS Terbaik di Indonesia IDN Times/Istimewa

Keberhasilan Itenas meraih posisi sebagai salah satu PTS terbaik berdasarkan THE Impact Rankings 2023 merupakan langkah positif Itenas untuk terus meningkatkan kualitasnya sebagai perguruan tinggi swasta yang berada di bawah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV.

Kontribusi Itenas dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan adalah bukti dari pelaksanaan visi Itenas, “Menjadi perguruan tinggi terkemukan di bidang teknologi, sains, dan seni, yang berperan aktif dalam pembangunan berkelanjutan di lingkup nasional dan global, berdasarkan nilai-nilai integritas, kualitas dan inovasi yang tinggi” dan sejalan dengan motto Itenas yakni “Mengabdi bagi negeri, berperan dalam tataran global”.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya