Apdesi Beri Julukan Ridwan Kamil Sebagai Gubernur Desa

Program pembangunan desa di Jabar dinilai berhasil

Bandung, IDN Times - Asosiasi Pemerintahan Desa Indonesia (Apdesi) menyematkan Ridwan Kamil sebagai Gubernur Desa. Berbagai program pro desa menjadi salah satu keberhasilan Emil membangun desa di Jabar.

Berbagai program pro desa dicetuskan Emil selama memimpin Jabar hingga kini. Satu desa satu perusahaan, patriot desa, dan mobil aspirasi kampung juara (maskara) merupakan program unggulan Emil untuk memajukkan desa.

"Kami sematkan Pak Gubernur (Ridwan Kamil) sebagai gubernur desa. Karena kepedulian beliau terhadap desa sangat besar, dan kami akan terus mendukung program-program beliau untuk memanjukkan desa," ujar Ketua Umum Apdesi, Sindawa Tarang, usai pelantikan pengurus Apdesi DPD Jawa Barat di Aula Barat, Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa, (18/2).

1. Sejumlah desa di Jabar mampu naik kelas

Apdesi Beri Julukan Ridwan Kamil Sebagai Gubernur DesaIDN Times/Debbie Sutrisno

Sindawa pun apresiasi berbagai program yang dicetuskan Emil mampu meningkatkan status desa di Jabar. Pasalnya, lanjut Sindawa, tak semua kepala daerah memberikan perhatian terhadap desa-desa.

"Jadi kami DPP Apdesi mengapresiasi Pemerintah provinsi atau pun pemerintah kabupaten yang mempunyai inovasi yang jelas berpihak kepada desa. Karena tidak semua kepala daerah memiliki perhatian kepada desa," sambungnya.

2. Apdesi siap adopsi program desa milik Jabar

Apdesi Beri Julukan Ridwan Kamil Sebagai Gubernur DesaIDN Times/Debbie Sutrisno

Ia pun mengaku akan mengadopsi berbagai inovasi dari Jabar ke beberapa provinsi untuk memajukkan desa. Ia menyakini desa yang menjadi pondasi keberhasilan untuk mencapai visi misi Presiden Joko Widodo menuju Indonesia maju.

"Dengan demikian pikiran pak Gubernur Jawa Barat kita ini, ini sudah melaporkan bahwa kalau Indonesia mau kuat, maju dan sejahtera maka harus dimulai dari desa. Karena kalau sudah seluruhnya maju maka Indonesia akan menjelma menjadi sebuah negara sejahtera," pungkasnya.

3. Julukan gubernur desa bukan tujuan untuk memimpin Jabar

Apdesi Beri Julukan Ridwan Kamil Sebagai Gubernur DesaDok.Humas Jabar

Sementara itu, Emil mengaku bangga dengan julukan gubernur desa meski hal itu bukan tujuan utama memimpin Jabar. Namun, ia menegaskan komitmen untuk terus memajukan desa di Jabar.

"Saya kerja ini bukan untuk dapat julukan, saya kerja karena menurut saya itu penting dan membawa perubahan. Tapi kalau ada apresiasi ya alhamdulillah, jadi ada perubahan yang luar biasa," ucap Emil ditempat yang sama.

4. Memimpikan untuk menuju desa digital

Apdesi Beri Julukan Ridwan Kamil Sebagai Gubernur Desainstagram/wowtasikmalaya

Emil memastikan, selama memimpin Jabar akan terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa. Bahkan, saat ini, kata dia, tidak ada desa tertinggal di Jabar. Hal itu, lanjutnya, desa-desa di Jabar akan terus didorong untuk menuju desa digital.

"Statistik-statistik hanya dalam setahun kan desa tertinggal sudah hilang, kemudian ada ratusan status desa maju, mandirinya lompat, dan lain sebagainya," tegas Emil.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya