Comscore Tracker

12.080 Pelajar Antre Ikut Vaksinasi COVID Itenas-Kodam III Siliwangi

Itenas sediakan 30 ribu kuota dosis vaksin

Bandung, IDN Times - Ribuan pelajar ikut dalam kegiatan vaksinasi massal yang digelar Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung bersama Kodam III/Siliwangi sejak Jumat (23/7) hingga Minggu(25/7/2021).

Tingginya antusias pelajar untuk disuntik vaksin COVID-19 terlihat dari membludaknya jumlah pelajar yang mendaftar dan harus antre dalam setiap sesi vaksinasi massal yang digelar hingga hingga 31 Juli 2021 nanti.

Bahkan, kurang dari 24 jam sejak pertama kali pendaftaran dibuka, sebanyak 12.080 pelajar sudah terdata sebagai peserta kegiatan vaksinasi massal bertajuk "30.000 Vaksinasi COVID-19 Itenas Bersama Kodam III/Siliwangi" itu.

Rektor Itenas, Prof Meilinda Nurbanasari mengakui, antusias pelajar untuk divaksin sangat besar. Dalam kegiatan yang digelar di Bale Dayang Sumbi Gedung Serbaguna Itenas itu, pihaknya sendiri menyiapkan kuota hingga 30.000 orang.

"Vaksinasi ini ditujukan bagi seluruh WNI (Warga Negara Indonesia) yang belum divaksinasi, terutama pelajar yang berusia di atas 12 tahun," ujar Meilinda.

1. Terus mempercepat vaksinasi COVID-19 untuk membentuk herd immunity

12.080 Pelajar Antre Ikut Vaksinasi COVID Itenas-Kodam III SiliwangiIDN Times/Istimewa

Menurut Meilinda, kegiatan vaksinasi massal tersebut merupakan bentuk kontribusi Itenas dalam mendukung program pemerintah mengendalikan penyebaran COVID-19 dan mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) lewat percepatan vaksinasi.

"Pendaftaran vaksinasi dapat dilakukan secara online melalui situs vaksincovid19.itenas.ac.id dan kuota telah terpenuhi kurang dari 24 jam sejak pendaftaran dibuka pendaftaran," katanya.

Berdasarkan pendataan pendaftar, lanjut Meilinda, pelajar berusia 12-17 tahun yang telah mendaftar tercatat sebanyak 12.080 orang. Kemudian, lansia sebanyak 1.704 orang, dan sisanya merupakan masyarakat berusia produktif.

"Animo masyarakat, khususnya pelajar sangat tinggi untuk divaksinasi," ucapnya.

2. Setiap hari ada 3.150 masyarakat yang divaksinasi COVID-19

12.080 Pelajar Antre Ikut Vaksinasi COVID Itenas-Kodam III SiliwangiIDN Times/Istimewa

Untuk menghindari terjadinya kerumunan, lanjut Meilinda, pihak panitia telah membagi peserta ke dalam sembilan sesi setiap harinya dimana setiap sesi diikuti 370-390 peserta, sehingga total peserta vaksinasi per hari sebanyak 3.150 peserta.

"Informasi terkait hari dan sesi jadwal vaksin untuk setiap peserta dapat dicek melalui situs vaksincovid19.itenas.ac.id dengan memasukkan NIK peserta," sebutnya.

Adapun penyuntikan vaksin dosis kedua rencananya akan dilaksanakan pada 18-26 Agustus 2021 menggunakan vaksin Sinovac, sama seperti jenis vaksin yang digunakan pada penyuntikan dosis pertama.

3. Vaksinasi massal anak bisa mempercepat realisasi pembelajaran tatap muka

Meilinda mengatakan, salah satu solusi untuk mempercepat pembelajaran tatap muka, yakni mempercepat vaksinasi COVID-19 pada anak-anak, khususnya anak berusia 12 tahun ke atas.

Lewat vaksinasi, kata dia, risiko penularan COVID-19, khususnya di lingkungan pendidikan dapat ditekan, sehingga para orang tua pun tak perlu khawatir lagi terhadap kondisi kesehatan anak-anak buah saat pembelajaran tatap muka benar-benar dibuka.

"Kita berharap, melalui percepatan vaksinasi anak, pembelajaran tatap muka bisa segera terealisasi," ungkap Meilinda.

Oleh karenanya, lanjut Meilinda, sebagai institusi pendidikan, Itenas mendukung penuh pelaksanaan vaksinasi COVID-19, khususnya vaksinasi bagi anak usia 12 tahun yang notabene pelajar.

Bahkan, kata Meilinda, dalam kegiatan vaksinasi massal bertajuk "30.000 Vaksinasi COVID-19 Itenas Bersama Kodam III/Siliwangi" itu, pihaknya memprioritaskan anak-anak usia 12 tahun ke atas untuk menerima suntikan vaksin COVID-19.

"Kami menyasar anak-anak usia 12 tahun ke atas sebagai penerima vaksin dari total kuota 30.000 penerima vaksin yang telah kami siapkan," katanya.

4. Sudah lakukan empat kali kegiatan vaksinasi massal

12.080 Pelajar Antre Ikut Vaksinasi COVID Itenas-Kodam III SiliwangiIDN Times/Istimewa

Kegiatan vaksinasi massal ini merupakan kegiatan keempat kalinya yang digelar Itenas setelah sebelumnya menggelar vaksinasi untuk seluruh dosen dan tenaga lependidikan dengan peserta sebanyak 500 orang, guru dan ASN se-Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung sebanyak 1.500 orang, dan vaksinasi kepada 5.000 warga ber-KTP Kota Bandung.

"Mahasiswa sudah kami berikan vaksin. Meskipun mereka tidak semua ikut vaksin di Itenas, tapi semua sudah divaksin, termasuk untuk pengajar," kata Meilinda.

Adapun penyuntikan vaksin dosis kedua rencananya akan dilaksanakan pada 18-26 Agustus 2021 menggunakan vaksin Sinovac, sama seperti jenis vaksin yang digunakan pada penyuntikan dosis pertama.

"Mahasiswa kami pun hampir seluruhnya sudah divaksin, termasuk dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Itenas," katanya.

Baca Juga: Gratis! Unpar dan Itenas Buka Sentra Vaksinasi untuk Warga Bandung

Baca Juga: Demi Herd Immunity Tanah Air, Masifkan Vaksinasi COVID-19 di Daerah

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya