Comscore Tracker

Balita Korban Gigitan Ular Berbisa Meninggal Dunia Setelah 5 Hari Koma

Suasana duka menyelimuti prosesi pemakaman balita Adila

Cirebon, IDN Times - Setelah lima hari berjuang melawan racun gigitan ular berbisa, balita AO (4) menghembuskan nafas terakhirnya, Rabu (13/2) malam. Adila wafat usai menjalani perawatan intensif di ruang Pediatric Intensive Care Unit (PICU) RSUD Gunung Jati pada pukul 20.30 WIB.

Mukmin, sang ayah dari Adila menjelaskan perihal kronologi kepergian buah hatinya. Saat terlelap tidur di atas kasur, seekor ular jenis Weling menyelinap masuk di kamar di mana Adila tertidur. Saat ular mengigit Adila, diketahui sang ibu yang hendak menggantikan celana anaknya.

Mengetahui kejadian ini, sang ibu bergegas membawa anaknya ke rumah sakit terdekat. Sang bayi kemudian langsung mendapat perawatan di ruang PICU. Selama lima hari di ruang tersebut, Adila hanya bisa terbaring koma tak sadarkan diri, hingga akhirnya ajal menjemputnya.

1. Suasana duka menyelimuti kepergian Adila

Balita Korban Gigitan Ular Berbisa Meninggal Dunia Setelah 5 Hari KomaAdila (4), balita korban gigitan ular berbisa menghembuskan napas terakhir. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Suasana duka menyelimuti proses pengiringan jenazah Adila ke tempat peristirahatan yang terakhir. Jenazah bayi malang itu dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum Desa Pamengkang, Kabupaten Cirebon, Kamis (13/2) pukul 09.30 WIB.

Keluarga korban tampak tak kuasa melepaskan kepergian sang buah hati. Kuwu Desa Pamengkang, Kosasih mengaku terpukul dengan peristiwa seorang bayi yang menjadi korban gigitan ular di desanya. Dia pun mengimbau kepada warganya untuk membudayakan hidup bersih dan sehat agar tak mengundang ular datang ke rumah.

"Saya mengimbau kepada ketua RT dan RW untuk meningkatkan kerja bakti untuk menjaga kebersihan, dan semak-semak yang tidak teratur untuk mohon segera diperbaiki," ujarnya

2. Pembiayaan perawatan ditanggung pemerintah daerah

Balita Korban Gigitan Ular Berbisa Meninggal Dunia Setelah 5 Hari KomaAdila (4) terbaring koma di rumah sakit. (Istimewa)

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni mengatakan, keluarga Adila dibebaskan dari pembiyaan rumah sakit. Pihak pemerintah daerah Kabupaten Cirebon menanggung semua biaya perawatan di RSUD Gunung Jati.

Dinkes Kabupaten Cirebon sudah berkoordinasi dengan Bupati Cirebon untuk menanggung biaya perawatan korban Adila. Dengan begitu, pemerintah membantu sedikit mengurangi beban keluarga korban.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Bupati, Sekda, Kepala BKAD, bahwa pembiayaan perawatan bayi korban gigitan ular ini, pemerintah daerah akan menanggung biayanya," terangnya.

3. Koma selama lima hari di rumah sakit

Balita Korban Gigitan Ular Berbisa Meninggal Dunia Setelah 5 Hari KomaAdila (4) terbaring koma di rumah sakit. (Istimewa)

Sebelumnya, Wakil Direktur RSUD Gunung Jati, dr. Maria menjelaskan balita pasien gigitan ular itu sudah menjalani perawatan di ruangan khusus selama lima hari berjalan. Kondisi pasien masih dalam keadaan koma. Atas dasar itu, tim medis sedang berusaha keras mengeluarkan racun-racun bisa ular yang bersarang ke tubuh korban.

"Segalanya kami upayakan. Bahkan, kami menghadirkan seorang ahli perwakilan dari WHO untuk mengecek langsung pasien dan tempat kejadian korban digigit (ular)," ujar Maria.

Baca Juga: Seorang Anak Kecil di Bandung Meninggal Digigit Ular Peliharaannya

4. Lingkungan kotor mengundang ular datang

Balita Korban Gigitan Ular Berbisa Meninggal Dunia Setelah 5 Hari KomaUnsplash/Waldemar Brandt

Dari hasil pengecekan tim medis menyebutkan, bahwa lokasi kejadian di Desa Pamengkang merupakan kawasan dengan sanitasi buruk. Daerah kategori urban tersebut membuat nyaman dikunjungi satwa reptil, khususnya ular. Hewan melata tersebut sangat senang mengunjungi lingkungan yang kotor. Terlebih, ada hewan unggas semacam ayam dan burung.

"Setelah kamicek ke lokasi, ternyata kondisi lingkungan rumah korban kurang baik. Rumah yang ditempati korban diketahui memelihara ayam yang mengundang ular datang," tutur Maria.

Baca Juga: Digigit Ular Berbisa, Sudah Empat Hari Balita Tak Sadarkan Diri 

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya