Comscore Tracker

Asa Tumbuhkan Kepercayaan Diri Kaum Difabel Bersama Armada KRI 543

Upaya menumbuhkan cinta tanah air

Cirebon, IDN Times - Keberadaan KRI Teluk Cirebon 543 bersandar di Dermaga Linggarjati Pelabuhan Cirebon memberikan harapan besar bagi kaum disiabilitas. Ekspresi puluhan anak-anak difabel dari SLB Budi Utama dan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Cirebon tampak begitu ceria, kala mereka berkesempatan menaiki kapal perang kebanggaan Indonesia, Rabu (11/12).

Mereka terlihat antusias memegang persenjataan lengkap milik TNI Angkatan Laut yang tersimpan di dalam kapal. Para kaum difabel ini pun terkagum melihat seisi bagian demi bagian kapal tempur yang belum pernah dilihat sebelumnya.

1. Keceriaan kaum difabel menyambangi KRI 543

Asa Tumbuhkan Kepercayaan Diri Kaum Difabel Bersama Armada KRI 543Dok. Humas Dinas Sosial Kota Cirebon

Salah satunya Katon Wiranata Abimanyu (13). Siswa SLB Budi Utama itu mengaku bangga, saat setibanya di pelabuhan langsung disambut oleh korps marinir TNI Angkatan Laut. Dia pun baru pertama kali menjumpai dari dekat hingga menaiki dan belajar seputar teknologi kapal perang Indonesia.

"Seneng banget bisa belajar. Sebelumnya pernah lihat dari kejauhan saja. Kalau naik sampai masuk ini baru pertama kali," tuturnya, Rabu (11/12).

2. Upaya menumbuhkan kepercayaan diri kaum difabel

Asa Tumbuhkan Kepercayaan Diri Kaum Difabel Bersama Armada KRI 543Dok. Dinas Sosial Kota Cirebon

Di tempat yang sama, Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Cirebon, Dede Dahlia menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai upaya menumbuhkan kepercayaan diri kaum difabel di Kota Cirebon.

Menurutnya, anak-anak penyandang disabilitas pun punya keinginan sama bisa mempunyai akses layaknya anak pada umumnya. Sehingga dari Dinas Sosial memenuhi akses mereka untuk berkesempatan belajar mengenal dunia militer angkatan laut. Khususnya perkapalan dengan persenjataan lengkap dan peralatannya.

“Karena mereka (kaum difabel) mungkin agak sulit aksesnya ke sini, maka kami fasilitasi demi memenuhi hak mereka. Kegiatan ini bertujuan agar mereka punya motivasi bahwa mereka sudah sama dengan anak-anak lainya," tuturnya

3. Penanaman kecintaan terhadap tanah air

Asa Tumbuhkan Kepercayaan Diri Kaum Difabel Bersama Armada KRI 543Wildan Ibnu Walid/IDN Times

Selain itu, Elis menambahkan dilibatkannya para penyandang disabilitas ini bertujuan agar bisa menumbuhkan lebih kuat lagi kecintaan terhadap tanah air. Serta penanaman karakter, sehingga mereka muncul kepercayaan diri yang kuat.

"Yang datang ke sini itu mereka yang tunadaksa, tunagrahita, dan tunarungu dan tunawicara. Dengan begitu, diharapkan, mereka datang langsung ke sini belajar sejarah dan makna bela negara," tuturnya.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya