Pesawat Kepresidenan Bakal Dicat Ulang, Biayanya Capai Rp2 Miliar

Cat baru pesawat presiden bakal berwarna Merah-Putih

Bandung, IDN Times - Pesawat kepresidenan RI A-001 Boeing 737-8U3 (BBJ2) sedang ramai diperbincangkan di media sosial. Pesawat RI A-001 ini semula berwarna biru-putih dan akan tampil dengan warna baru yakni Merah-Putih. 

Perbincangan ini ramai setelah pengamat penerbangan, Alvin Lie mengunggah rencana penampilan baru pesawat kepresidenan dengan warna merah putih . Dalam akun Twitternya, @alvinlie21, ia mengkritisi biaya cat ulang pesawat kepresidenan itu. Mantan anggota Ombudsman tersebut bahkan menyebut hal itu sebagai bentuk foya-foya.

Terkait anggaran pengecatan pesawat kepresidenan tersebut, sumber IDN Times di Istana mengatakan anggarannya memang mencapai Rp2 miliar.

"Iya (anggarannya capai Rp2 miliar)," kata dia kepada IDN Times, Selasa (3/8/2021).

1. Pesawat butuh perawatan besar demi keamanan terbang

Pesawat Kepresidenan Bakal Dicat Ulang, Biayanya Capai Rp2 MiliarPresiden Jokowi kunjungan kerja ke NTT (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menyampaikan perawatan dan pengecatan pesawat kepresidenan memang harus rutin dilakukan. Apalagi, pesawat tersebut sudah tujuh tahun belum mendapatkan perawatan.

"Pesawat itu sudah tujuh tahun, secara teknis memang harus memasuki perawatan besar, overhaul. Itu harus dilakukan untuk keamanan penerbangan," kata Heru kepada IDN Times, Selasa (3/8/2021).

2. Sudah tujuh tahun, cat pesawat sudah mulai mengelupas

Pesawat Kepresidenan Bakal Dicat Ulang, Biayanya Capai Rp2 MiliarPresiden Jokowi kunjungan kerja ke Kalimantan Tengah (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Untuk cat sendiri, ujar Heru, memang sudah waktunya untuk diperbarui. Karena cat lama di pesawat juga sudah mulai mengelupas.

"Mengenai cat, memang sekalian diperbarui, karena sudah waktunya untuk diperbarui. Pilihan warnanya adalah warna kebangsaan, merah putih, warna bendera nasional," jelas Heru.

3. Perawatan pesawat kepresidenan sudah direncanakan sejak 2019

Pesawat Kepresidenan Bakal Dicat Ulang, Biayanya Capai Rp2 MiliarCuitan Warganet Mengenai Pesawat Kepresidenan yang Dicat Ulang. (twitter.com/alvinlie21)

Sebelumnya, Heru juga sudah menjelaskan, pengecatan pesawat BBJ 2 sudah direncanakan sejak 2019, terkait dengan perayaan HUT ke-75 RI pada 2020. Proses pengecatan sendiri merupakan pekerjaan satu paket dengan Heli Super Puma dan Pesawat RJ.

Namun, pada 2019, pesawat BBJ 2 belum memasuki jadwal perawatan rutin, sehingga yang dilaksanakan pengecatan terlebih dahulu adalah Heli Super Puma dan pesawat RJ.

"Sebagai informasi, perawatan rutin memiliki interval waktu yang sudah ditetapkan dan harus dipatuhi, sehingga jadwal perawatan ini harus dilaksanakan tepat waktu," terang Heru.

Kemudian, dia melanjutkan, perawatan rutin Pesawat BBJ 2 jatuh pada 2021 dan merupakan perawatan Check C sesuai rekomendasi pabrik. Maka, tahun ini dilaksanakan perawatan sekaligus pengecatan yang bernuansa Merah Putih sebagaimana telah direncanakan sebelumnya.

"Waktunya pun lebih efisien, karena dilakukan bersamaan dengan proses perawatan," ucap Heru.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya