Besok, Tol Cipali dan Dua Tol Lain Diskon 20 Persen 

Diskon berlaku untuk semua jenis kendaraan

Majalengka, IDN Times - Astra Infra menetapkan kebijakan pemberian diskon tarif tol untuk semua jalan tol yang ada di bawah perusahaan itu. Semua kendaraan yang melintas di jalan Tol milik Astra Infra, mendapat potongan tarif sebesar 20 persen.

Kebijakan itu berlaku untuk Tol Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan (Cipali), dan Jombang-Mojokerto terhitung sejak Rabu (3/4/2024) besok. 

"Diskon berlaku bagi seluruh golongan kendaraan, yang melintasi Tol Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, dan Jombang-Mojokerto secara menerus (gate to gate) dan untuk transaksi tol menggunakan kartu uang elektronik dengan saldo cukup," kata Group Chief Operating Officer Astra Infra, Billy Perkasa Kadar.

1. Diskon tarif naik dari 10 jadi 20 persen

Besok, Tol Cipali dan Dua Tol Lain Diskon 20 Persen Istimewa/ diskon tarif tol

Sebelumnya, Astra Infra mengeluarkan kebijakan akan memberikan diskon tarif sebesar 10 persen, namun seiring berjalannya waktu, terdapat perubahan besaran diskon, dari 10 jadi 20 persen. 

"Tingginya potensi mobilisasi masyarakat pada mudik lebaran tahun ini, menjadi dasar keputusan penetapan diskon tarif ini. Hal ini kami lakukan sebagai bentuk apresiasi perusahaan bagi para pemudik yang telah setia menggunakan jalan tol Astra Infra," kata Billy.

Rencananya, kebijakan itu berlangsung tiga hari, mulai Rabu (3/4/2024)-Jumat (5/4/2024). "Mulai Rabu pukul 05.00 hingga Jumat pukul 05.00 WIB, atau selama 2x24 jam," kata Billy.

Pemberlakuan diskon tarif tol juga berlaku untuk arus balik nanti. Sama seperti arus mudik, diskon tarif pada arus balik nanti juga berlangsung selama tiga hari, dengan besaran diskon yang sama juga. 

"Untuk arus balik, diskon 20 persen diberikan pada Rabu, 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB (2 x 24 jam)," kata dia.

2. Diskon berlaku untuk semua jenis kendaraan

Besok, Tol Cipali dan Dua Tol Lain Diskon 20 Persen Inin Nastain IDN Times/ Lalulintas di KM 169 Cipali

Selain besaran diskon, perubahan juga terjadi untuk jenis kendaraan. Sebelumnya, hanya kendaraan golongan satu (kendaraan penumpang) saja yang akan mendapat diskon tarif pada musim mudik ini.

Namun, kebijakan itu diubah. Kini, diskon tarif tol berlaku untuk semua jenis kendaraan yang melintas di Tol milik Astra Infra. Satu-satunya syarat yang diberlakukan adalah, jarak tempuh yang harus dilakukan pengguna jalan.

Diskon tarif tol berlaku untuk pengguna jalan yang melakukan perjalanan terus menerus dari GT Cikatama menuju GT Kalikangkung. 

"Secara menerus (gate to gate) dan untuk transaksi tol menggunakan kartu uang elektronik dengan saldo cukup," ujar Billy.

3. Astra Infra siapkan rekayasa untuk urai kepadatan

Besok, Tol Cipali dan Dua Tol Lain Diskon 20 Persen Istimewa/ simulasi CF di KM 153 Cipali

Kebijakan diskon tarif, menjadi salah satu upaya Astra Infra menghindari penumpukan kendaraan pada musim mudik nanti. Di luar itu, Astra juga telah menyiapkan langkah lain, berupa rekayasa lalu lintas.

"Astra Infra telah melakukan berbagai antisipasi untuk mengurai kepadatan pada puncak arus, antara lain dengan mempersiapkan manajemen lalu lintas di jalur maupun jalan akses yang berpotensi mengalami kepadatan," kata Billy.

"Rencana rekayasa lalu lintas berkoordinasi dengan kepolisian, mekanisme delaying system di rest area, hingga koordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya," lanjut dia.

Melalui penetapan diskon tarif tol serta upaya-upaya penguraian kepadatan lainnya, Billy berharap Astra Infra dapat mendukung pemerintah dalam menyukseskan mudik lebaran 2024 yang lancar, aman, dan nyaman.

"Untuk mengurai kepadatan pada puncak arus, Astra Infra turut mengimbau pemudik untuk dapat merencanakan perjalanan mudik lebaran dengan cerdas dan bijak, dengan menghindari perjalanan pada periode yang diprediksi menjadi puncak arus," kata dia.

"Pengguna jalan juga diimbau untuk menjaga fasilitas dan beristirahat secukupnya di rest area. Jika rest area penuh, dapat memanfaatkan tempat istirahat di luar jalan tol, untuk kemudian kembali masuk tanpa tambahan biaya," kata Billy.

Baca Juga: Command Center KM 188 Cipali Siap Pantau Arus Mudik di Wilayah Jabar

Baca Juga: [FOTO] Saat Flayover Tol Cipali Majalengka Jadi Lokasi Ngabuburit

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya